KPK OTT Bupati Pemalang

Seorang Tukang Sapu Ikut Diciduk KPK saat OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Ini Perannya

Tak hanya bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW) yang ditangkap dalam OTT KPK. Tukang sapu ini ikut kena ciduk

Editor: muslimah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK, Firli Bahuri menunjukkan tersangka Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo yang tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/8/2022) malam. KPK resmi menahan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo bersama lima orang tersangka lainnya terkait kasus dugaan jual beli jabatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dengan barang bukti uang senilai Rp 136 juta beserta buku tabungan dengan total uang berkisar Rp 4 miliar. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Tak hanya bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW) yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Turut serta ditangkap adalah seorang tukang sapu.

Apa perannya?

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/8/2022) malam. Dalam OTT ini KPK juga menangkap seorang tenaga honorer tukang sapu di Pemkab Pemalang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/8/2022) malam. Dalam OTT ini KPK juga menangkap seorang tenaga honorer tukang sapu di Pemkab Pemalang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Dalam OTT tersebut, KPK total mengamankan total 34 orang 

Selain Mukti Agung Wibowo, sejumlah pihak yang diamankan berasal dari unsur kepala dinas, sekretaris daerah, kepala bidang, dan beberapa pejabat lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang.

Bahkan ada tukang sapu ikut diciduk oleh penyidik KPK. Tukang sapu itu juga merupakan tenaga honorer di Pemkab Pemalang.

Baca juga: Jejak Ratu Horor Indonesia Suzzanna di Semarang, Benarkah Ini Rumahnya? Sempat Viral, Cek Faktanya

Baca juga: Pak Kadus Ditangkap Polisi karena Rekam Persetubuhan dengan Gadis Tetangga, Video Disebar ke Kakak

Dia turut diamankan lantaran diduga turut membawa barang saat operasi terjadi.

"Sejauh ini jumlah yang diamankan ada sekitar 34 orang yang terdiri dari bupati, kepala dinas sekda, kabid dan pejabat lain di lingkungan Pemkab Pemalang," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (12/8/2022).

Dalam OTT yang digelar di Jakarta dan Pemalang itu, Ali mengklaim pihaknya turut mengamankan sejumlah uang tunai pecahan rupiah dan alat bukti lainnya.

Pintu Ruang Lelang Diskominfo Kabupaten Pemalang disegel KPK.
Pintu Ruang Lelang Diskominfo Kabupaten Pemalang disegel KPK. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

"Jumlahnya (uang tunai) masih terus diklarifikasi kepada pihak-pihak yang ditangkap," kata Ali.

Ali menyebut, tangkap tangan dilakukan terkait dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang.

Hingga saat ini, para pihak yang diamankan masih menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari para pihak yang ditangkap tersebut.

"Perkembangannya segera kami sampaikan," kata Ali. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPK Juga Ciduk Tukang Sapu di OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved