Berita Batang

16 Peserta BLK Batang Ikuti Uji Kompetensi Las Plate Welder, Tujuan Akhirnya Seperti Ini

Peserta pelatihan las plate yang mengikuti uji kompetensi dari Bagian Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BBPLK Semarang.

Penulis: dina indriani | Editor: deni setiawan
PEMKAB BATANG
Beberapa peserta sedang mengikuti uji kompetensi pelatihan las plate welder smaw 1G di SMK Bhakti Praja Batang, Minggu (14/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - 16 peserta Balai Latihan Kerja (BLK) mengikuti uji kompetensi pelatihan las plate welder smaw 1G yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di SMK Bhakti Praja Batang.

Peserta pelatihan las plate yang mengikuti uji kompetensi dari Bagian Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang.

Assesor Uji Kompetensi Pelatihan Las Plate, Muhammad Furqon Ardhie mengatakan, kompetensi untuk pelatihan las plate welder smaw 1G yang sesuai skema LSP BBPLK Semarang yang mengeluarkan sertifikasi kerja.

Baca juga: Study Banding, Pemkab Brebes Ingin Adopsi dan Tiru Sistem MPP Batang

Baca juga: Diteror, Direktur PT Sparta Putra Adhyaksa Resmi Laporkan Dugaan Pengancaman ke Polres Batang

Baca juga: Pj Bupati Batang Lepas Kontingen Pramuka Ikuti Jambore Nasional 2022

Baca juga: Berlaku Cuma Sepanjang Agustus di Batang, Denda Bayar Pajak Bumi Bangunan Dibebaskan

“Para peserta pelatihan melakukan ujian kompetensi sebagai bukti kemampuan sudah kompeten untuk menerima Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” tuturnya kepada Tribunjateng.com, Minggu (14/8/2022).

Dijelaskannya, dalam uji kompetensi ini peserta harus menyesuaikan prosedurnya dari persiapan menyiapkan bahan dan peralatannya serta hasil pengelasannya apakah sudah memenuhi standar.

Perlengkapan dalam uji kompetensi peserta wajib memakai perlengkapan keamanan yakni pelindung dada dan lengan menggunakan kulit, memakai sarung tangan, memakai sepatu standar keamanan, dan kedok las.

“Kriteria uji kompetensi yang harus dipenuhi para peserta pelatihan ada banyak diantaranya cacad las, standar kerapian las dan termasuk keseragaman las dari tingginya."

"Contoh cacad las itu hasilnya ada yang retak, porositas, kotoran yang terjebak dilas,” terangnya.

Sementara Peserta Uji Kompetensi Pelatihan Las Plate, Anjar Gunawan mengatakan, setelah menyelesaikan uji kompetensi pelatihan las plate sangat senang, karena bisa menyelesaikan hasil pelatihan selama ini.

“Dalam uji kompetensi kami melakukan teknik T join dengan ngelas bagi sambungan plate berbentuk T, dan saya optimis sudah melakukan yang maksimal untuk lulus mendapatkan sertifikasi,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Empat Kekalahan Beruntun Persis Solo, Kini Dipermalukan Persita Tangerang, Skor Akhir 1-2

Baca juga: Pasukan Rusia di PLTN Zaporizhzhia Jadi Target Serangan Ukraina

Baca juga: PLTA Kakhovka Ditembaki, Bencana Nuklir dari PLTN Zaporizhzhia Bisa Menyaingi Chernobyl

Baca juga: Dukungan 26 Negara pada Ukraina Diyakini bakal Gagalkan Invasi Rusia

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved