Berita Pekalongan

Cerita Owner Gula Semut Aren Nethes yang Produknya Masuk di Alfamart Kabupaten Pekalongan

Produk unggulan dari pelaku UMKM di Kab Pekalongan mudah di seluruh minimarket.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Nurul Khotifah owner Nethes gula aren semut yang sedang menata prodak yang akan dipamerkan di seluruh Alfamart Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sejumlah produk unggulan dari pelaku usaha kecil mikro di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah kini dapat diperoleh secara mudah di seluruh minimarket Alfamart yang ada di Kota tersebut.

Seperti, Nethes gula semut aren original Nethes gula semut aren jahe. Dua prodak asal Dukuh Gunungsurat, Desa Botosari, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Nurul Khotifah owner Nethes gula aren semut menceritakan, bahwa awal berdirinya Nethes ini di awal tahun 2019.

Berawal dari, rasa prihatin karena miris melihat pohon aren yang banyak ditebangi, padahal pohon aren itu penopang dari longsor karena akarnya yang kuat.

"Saya dan suami kan hidup di pegunungan, miris sekali melihat pohon aren sering ditebang."

"Oleh karena itu, dengan adanya ini ingin meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan membuka loker untuk pemuda yang merantau di luar kota," kata Nurul Khotifah owner Nethes gula aren semut kepada Tribunjateng.com, Minggu (14/8/2022) siang.

Gula semut aren Nethes merupakan hasil olahan nira pohon aren pilihan yang ditanam oleh petani lokal. Dengan proses produksi tanpa bahan kimia, gula semut aren dapat dijadikan alternatif pemanis yang lebih sehat.

"Alhamdulillah saat ini nethes gula semut aren sudah dipasarkan di 43 Alfamart yang ada di seluruh Kabupaten Pekalongan."

"Selain itu juga, produknya dipasarkan melalui online hingga ke pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa," imbuhnya.

Nurul Khotifah owner Nethes gula aren semut yang sedang menata prodak yang akan dipamerkan di seluruh Alfamart Kabupaten Pekalongan.
Nurul Khotifah owner Nethes gula aren semut yang sedang menata prodak yang akan dipamerkan di seluruh Alfamart Kabupaten Pekalongan. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

Prodaknya masuk ke Alfamart ini pada tahun 2021. Lalu proses prodaknya masuk di Alfamart ini sangat mudah sekali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved