Berita Kudus

Merah Putih Sepanjang 1.444 Meter di Jalan Kampung Desa Honggosoco Kudus

Bendera merah putih sepanjang 1.444 meter dan lebar 50 sentimeter terpasang di sepanjang jalan kampung Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kudus

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Rifqi Gozali
Seorang warga melintas di jalan kampung RT R RW 5 Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kudus, Selasa (16/8/2022). Dalam peringatan HUT ke RI dan rahun baru Islam, di sepanjang jalan kampung tersebut dipasang bendera merah putih sepanjang 1.444 meter. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bendera merah putih sepanjang 1.444 meter dan lebar 50 sentimeter terpasang di sepanjang jalan kampung RT 4 RW 5 dan RT 3 RW 4 Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Pemasangan bendera yang membentang di sepanjang jalan kampung bagian dari memeriahkan peringatan kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia. Selain itu sekaligus menjadi pengingat tahun baru Islam, untuk itu panjang bendera dibuat 1.444 meter sama dengan tahun Islam saat ini 1.444 hijriah.

Pemasangan bendera panjang itu merupakan inisiasi dari ketua RT setempat, yakni Serka Dopo Edy Pranoto selaku Ketua RT 4 RW 5.

Lelaki yang hari-harinya bertugas di Koramil Dawe tersebut mengatakan, pemasangan bendera panjang di kampungnya itu dilakukan pada malam 1 Agustus 2022. Dalam pemasangan melibatkan seluruh warga kampung.

"Ada sekitar 100 warga yang terlibat dalam pemasangan bendera itu," kata lelaki yang juga bertugas Babinsa Cendono, Dawe.

Ongkos membuat bendera itu mencapai hampir Rp 10 juta. Biayanya secara swadaya alias iuran warga kampung. Pembuatan bendera sepanjang itu memakan waktu selama 20 hari dan menghabiskan kain sampai 12 rol.

"Iuran warga seikhlasnya, kekurangan biaya disokong donasi dari para tokoh masyarakat," kata Dopo.

Makna dari pemasangan bendera tersebut, kata Dopo, selain untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, juga sebagai upaya penanaman nasionalisme dan patriotisme kepada seluruh penduduk kampung. Utamanya para generasi muda.

"Merah putih harus selalu berkibar di negara kita. Kalau memang kita tidak bisa berjuang, minimal memeriahkan dan memeringati hari kemerdekaan," katanya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved