Berita Kabupaten Tegal

Meriahkan HUT RI, Emak-emak Lebakwangi KabTegal Semangat Ikuti Lomba Gerak Jalan, Pakai Kostum Unik

Tujuan utama kegiatan tersebut, selain memeriahkan HUT RI, juga sebagai wujud rasa cinta tanah air dan kebersamaan antar warga desa

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
Istimewa
Foto emak-emak warga Desa Lebakwangi, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, antusias mengikuti kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka meriahkan HUT ke-77 RI, pada Senin (15/8/2022) kemarin. Mereka terlihat mengenakan seragam yang unik dan cukup meriah. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sudah menjadi tradisi rutin yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka menyambut HUT RI, masyarakat di Indonesia mengisi dengan berbagai kegiatan seperti perlombaan, menghias area rumah, tasyakuran, dan masih banyak lagi. 

Tidak mau ketinggalan, pemerintah Desa Lebakwangi, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal berinisiatif mengadakan berbagai acara satu diantaranya yaitu lomba gerak jalan yang diikuti emak-emak warga desa setempat. 

Walaupun terletak di kaki Gunung Slamet, tak menyurutkan semangat warga Desa Lebakwangi untuk menyambut dan mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. 

Ketua panitia HUT ke-77 RI Desa Lebakwangi, Irfai, mengatakan kegiatan lomba gerak jalan baru pertama kali diadakan. 

Sementara untuk jarak tempuh yang harus dilewati peserta lomba gerak jalan yang berlangsung pada Senin (15/8/2022) kemarin kurang lebih sekitar 3 kilometer. 

Start awal dari Dukuh Karet, Desa Lebakwangi, kemudian berakhir atau finish di gerbang utama balai desa Lebakwangi. 

Tujuan utama kegiatan tersebut, selain memeriahkan HUT RI, juga sebagai wujud rasa cinta tanah air dan kebersamaan antar warga desa. 

"Kami panitia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa yang telah membentuk kepanitian HUT ke-77 RI,  sehingga kami bisa merancang kegiatan menyambut dan mengisi hari kemerdekaan. Seperti kali ini kami menyelenggarakan lomba gerak jalan tingkat Desa Lebakwangi," jelas Irfai, pada Tribunjateng.com, Selasa (16/8/2022). 

Peserta yang seluruhnya merupakan ibu-ibu (emak-emak) ini, sebelum perlombaan rutin mengadakan latihan selama hampir satu bulan. 

Bahkan proses latihan gerak jalan dilakukan pada malam hari. Hal ini dikarenakan waktu senggang warga pada malam hari.

Foto emak-emak warga Desa Lebakwangi, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, antusias mengikuti kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka meriahkan HUT ke-77 RI, pada Senin (15/8/2022) kemarin. Mereka terlihat mengenakan seragam yang unik dan cukup meriah.
Foto emak-emak warga Desa Lebakwangi, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, antusias mengikuti kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka meriahkan HUT ke-77 RI, pada Senin (15/8/2022) kemarin. Mereka terlihat mengenakan seragam yang unik dan cukup meriah. (Istimewa)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved