Berita Semarang

Puluhan Pedagang Jadi Model Dadakan di Ajang Johar Promo Festival

Paguyuban pedagang Pasar Johar bersama desainer Bayu Ramli gelar fashion show.

Penulis: faisal affan | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Para pedagang Pasar Johar Semarang nampak berlenggak lenggok di lorong pasar, Selasa (16/8/2022). Para pedagang ini menggunakan busana yang dilengkapi dengan pernak pernik dagangan mereka. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun, paguyuban pedagang Pasar Johar Semarang bersama desainer Bayu Ramli menyelenggarakan fashion show.

Menariknya, catwalk yang digunakan untuk berlenggak-lenggok berada di antara lorong pasar.

Acara yang bertajuk Johar Promo Festival ini, menyajikan produk-produk fashion yang dijual oleh pedagang Pasar Johar Semarang.

Bahkan, pedagang perkakas rumah tangga pun juga turut serta menjadi peserta fashion show.

Bayu Ramli yang menggagas acara ini mengatakan sebanyak 40 peserta dari berbagai jenis pedagang mengikuti acara fashion show ini.

Mulai dari pedagang busana, makanan, perabot rumah tangga, buah-buahan, dan kebutuhan pokok juga ikut.

"Jadi pakaian yang digunakan ini disesuaikan dengan barang dagangan mereka. Yang jual buah ya ditambah aksesoris buah. Yang jual perabot rumah tangga juga ada aksesoris centong panci dan sebagainya," terang Bayu.

Menurut Bayu, tak sulit mengajari para pedagang ini untuk berlenggak lenggok bak model papan atas.

Hanya cukup dengan dua kali latihan, para pedagang yang ikut fashion show sudah bisa tampil apik.

"Kemarin itu hanya dua kali latihan saja. Mereka luar biasa langsung bisa menyesuaikan. Nggak perlu sempurna, yang penting bisa percaya diri," tambahnya.

Selain untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, Bayu juga ingin dengan adanya fashion show ini bisa mempromosikan produk pedagang Pasar Johar Semarang.

Pasalnya, sekarang sudah bertebaran produk serupa yang dijual secara online.

"Acara ini juga menjadi ajang promosi, supaya penjualan pedagang di Pasar Johar bisa semakin ramai. Apalagi pasar ini merupakan cagar budaya yang harus kita jaga bersama," tutup Bayu.

Di lain pihak, Mbak Ros satu di antara pedagang yang menjadi peserta mengatakan ikut fashion show karena ingin mempromosikan dagangannya. Dirinya di Pasar Johar saat ini berjualan makanan ringan.

"Jadi ingin ikut mempromosikan dagangan. Kalau saya jualannya makanan ringan dan makanan basah. Seperti jajan pasar ini," jelasnya.

Ia mengaku tak kesulitan untuk memperagakan busana dengan membawa setampan makanan ringan. Dirinya sudah berlatih selama dua hari supaya bisa tampil maksimal.

"Tidak sulit yang penting percaya diri saja. Sekaligus ingin meramaikan acara ini juga," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved