Berita Jepara

Lanal Semarang Kibarkan Bendera Merah Putih dari Dasar Laut Karimunjawa

Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang mengibarkan bendera merah putih di dasar laut pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara, Rabu (17/8/2022).

Dokumentasi Lanal Semarang
Penyelam Lanal Semarang kibarkan bendera merah putih dasar laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KARIMUNJAWA - Menyemarakan HUT Republik Indonesia ke 77, Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang mengibarkan bendera merah putih di dasar laut pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran bendera dilaksanakan tepatnya di Dermaga Rakyat Karimunjawa  pukul 10.00. Kegiatan itu disaksikan seluruh stakeholder dan diikuti sejumlah penyelam dari berbagai kalangan.

Ketua tim penyelam Lanal Semarang, Letda Laut (P) Yunus A.D menuturkan pengibaran bendera dilakukan di kedalaman 12 meter. Ada tiga bendera yang dikibarkan yakni bendera merah putih, bendera Mabes TNI Angkatan Laut, dan bendera Pangkalan TNI AL (Lanal).

"Tiang yang digunakan untuk pengibaran bendera setinggi 3 meter," tuturnya.

Menurutnya ada 18 penyelam gabungan yang ikut dalam pengibaran bendera.  Namun untuk pengibar bendera dilakukan oleh 6 anggota tim penyelam TNI Angkatan Laut.

"Untuk pengibar bendera merah putih ada tiga orang dari Lanal Semarang. Kemudian pengibar bendera Mabes TNI AL 1 orang dan bendera Lanal dikibarkan 1 orang," tutur dia.


Menurutnya pengibaran bendera tidak semulus seperti yang direncanakan. Jarak pandang menyulitkan penyelam untuk mengibarkan bendera.


"Padahal saat latihan sehari sebelum pelaksanaan jarak pandang bisa mencapai 5 meter. Tapi karena malamnya hujan dan paginya angin kencang berpengaruh terhadap jarak pandang," tutur dia,


Meski terkendala jarak pandang tidak menyurutkan para penyelam untuk mengibarkan bendera. Para penyelam menyiasati dengan memendekan jarak antara pengibar bendera dan komandan.


"Jadi kami merubah jarak untuk mengatasi jarak pandang," ujarnya. 


Sementara itu, Komandan Lanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi menuturkan pengibaran bendera dilakukan secara serentak TNI Angkatan Laut di 77 titik. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono di Pulau Putri Kepulauan Seribu.

"Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo setelah detik-detik proklamasi di Istana Negara," tuturnya.

Hariyono menuturkan pelaksanaan pengibaran bendera untuk Lanal Semarang dilakukan di Pulau Karimunjawa. Anggota  yang dilibatkan dari Lanal Semarang untuk mengibarkan bendera berjumlah 5 hingga 6 personel.

"Ada juga instasi lainya yang ikut menyelam. Begitu juga masyarakat sekitas dan komunitas diving ikut juga menyemarakan," ujarnya.

Alasan memilih  Karimunjawa sebagai titik pengibaran bendera karena memiliki laut yang bersih. Selain pihaknya juga ingin memperkenalkan kepada masyarakat pulau Karimunjawa.

"Karena banyak masyarakat yang belum tahum Karimunjawa. Jadi kami dengan mengibarkan bendera di laut pulau tersebut dapat mempromosikan wisata Karimunjawa," tandasnya.(*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved