Breaking News:

Berita Tegal

Peringati HUT ke-77 RI, Lanal Tegal Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Lanal Tegal melaksanakan upacara dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Dok. Lanal Tegal
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal melaksanakan upacara dan pengibaran bendera merah putih di dalam laut, tepatnya di perairan Karang Jeruk, Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Rabu (17/8/2022). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal melaksanakan upacara dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut, tepatnya di perairan Karang Jeruk, Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Rabu (17/8/2022). 

Selain dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, pengibaran bendera merah putih bawah laut sekaligus menjalankan perintah Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL. 

Bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut, Komandan Lanal Tegal, Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, sedangkan untuk komandan upacara yaitu Palaksa Lanal Tegal, Mayor Mar Sukirno. 

Tidak hanya di wilayah Tegal saja, kegiatan serupa juga digelar di 77 titik lokasi tersebar di Indonesia. 

Sebelum pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut, seluruh peserta di 77 titik mengikuti video conference (vicon) bersama Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Puwono. 

Momen pengibaran bendera di bawah laut ini bertujuan menunjukkan luasnya laut nusantara dengan berjuta kekayaan hayati didalamnya. 

Sehingga harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, serta untuk menguatkan jiwa nasionalisme kepada bangsa dan negara.

"Pada momen HUT ke-77 RI kali ini, saya ingin menyampaikan bahwa Lanal Tegal adalah prajurit, petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. Siap menjaga keamanan laut, khususnya di wilayah perairan Pantai Utara Laut Jawa," pesan Danlanal Tegal, Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, pada Tribunjateng.com, Rabu (17/8/2022). 

Sementara untuk peserta upacara kali ini sebanyak 17 personel, terdiri dari Lanal Tegal tujuh personel, Polairud Polresta Tegal dua personel, SAR Kabupaten Brebes satu personel, BPBD Kabupaten Brebes tiga personel, Universitas Panca Sakti Kota Tegal dua personel, Saka Bahari Lanal Tegal satu personel, Possi Tegal satu personel.

Sedangkan unsur pendukung kegiatan pengibaran bendera merah putih bawah laut adalah Kal Maribaya, Sea Rider (RHI), dan dua unit perahu karet. 

Danlanal menambahkan, kegiatan upacara bendera di bawah laut ini selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

"Saya juga ingin mengajak semuanya untuk mengisi kemerdekaan dengan membuat karya, motivasi untuk membangun generasi berjiwa nasional, bisa dibanggakan bangsa dan negara. Tak lupa, kita semua juga wajib bersyukur karena sampai saat ini masih bisa merasakan kemerdekaan. Mari kita doakan semoga para pejuang pendahulu mendapat tempat yang indah di sisi Allah," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved