Berita Karanganyar

Dispermasdes Karanganyar Dorong Desa yang Bakal Gelar Pilkades Serentak Segera Selesaikan RAB

Dispermasdes Karanganyar dorong supaya 11 desa segera menyelesaikan RAB Pilkades.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Kabid Aparatur Pemerintahan Desa Dispermasdes Karanganyar, Anung Dharmawan. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Karanganyar mendorong supaya 11 desa segera menyelesaikan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pilkades Serentak 2022.

Adapun 11 desa yang bakal menggelar Pilkades Serentak pada 9 November 2022 ialah Desa Blulukan dan Klodran Kecamatan Colomadu, Desa Buntar dan Kaliboto Kecamatan Mojogedang, Desa Ngadiluwih Kecamatan Matesih, Desa Dukuh Kecamatan Ngargoyoso, Desa Toh Kuning Harjosari Kecamatan Karangpandan serta Desa Petung dan Wonokeling Kecamatan Jatiyoso.

Kabid Aparatur Pemerintahan Desa Dispermasdes Karanganyar, Anung Dharmawan menyampaikan, tahapan Pilkades Serentak 2022 telah disosialisasikan kepada panitia supaya segera mengajukan RAB kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono untuk nantinya diverifikasi oleh camat setempat.

"Sebelas desa belum mengajukan, proposal (RAB) banyak yang direvisi. Rencana Senin depan ada sosialisasi panitia Pilkades Serentak. Saya suruh bawa proposal yang telah direvisi," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (19/8/2022)

Apabila nanti RAB dari masing-masing desa telah selesai semua akan diajukan untuk pencarian bantuan keuangan (Bankeu) Pilkades Serentak 2022.

Setelah tahap tersebut lanjutnya, akan dilakukan koordinasi dengan panitia Pilkades, camat, sekcam dan kasi pemerintahan kecamatan untuk persiapan pemutakhiran data pemilih, kemudian penyaringan dan penjaringan calon kades serta pembentukan KPPS.

Saat ditanya terkait besaran Bankeu Pilkades, Anung menerangkan, jumlahnya berbeda-beda tergantung kondisi dari masing-masing desa.

"Besaran kisaran Rp 50 juta hingga Rp 70 juta. Tergantung jumlah DPT kan nanti jumlah kartu suara berbeda-beda, jumlah dusun dan lainnya," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved