Berita Pekalongan

Keren, Kopi Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Masuk Alfamart

Kecamatan Petungkriyono memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Wanuri (44) owner Petung Kopi sedang packagingnya kopi yang siap disuplai ke Alfamart seluruh Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Tidak hanya menyajikan pemandangan, ternyata Petungkriyono juga, memiliki kopi yang enak sekali.

Bahkan, kopi asal Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono prodaknya masuk ke semua minimarket Alfamart seluruh Kabupaten Pekalongan.

Tribunjateng.com, berkesempatan mengunjungi rumah produksi kopi asli Petungkriyono di RT 5 RW 3, Desa Rowokembu, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

Di rumah tersebut tertata semua alat kopi. Wanuri (44) owner Petung Kopi terlihat masih melakukan proses pengolahan kopi seperti sortir dan roasting kopi.

Wanuri (44) owner Petung Kopi mengatakan, ia mulai merintis kopi Petungkriyono ini tahun 2015, ketika Petungkriyono mulai dioleh pengiat kopi dan pemerintah daerah.

"Sejak kecil saya kan keluarga petani di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, tidak asing dengan kopi. Waktu itu, saya warga Petungkriyono, awalnya tidak ada gerakan membudidayakan kopi."

"Akhirnya saya mulai peduli dengan kopi, sehingga mulai belajar budidaya kopi, merintis kopi yang bagus, belajar ngopi dan menyeduh," kata Wanuri (44) owner Petung Kopi kepada Tribunjateng.com, Jum'at (19/8/2022).

Ia menceritakan, bahwa awalnya tidak suka minum kopi, namun sekarang lebih suka sekali kopi setelah belajar mengolah kopi sesuai dengan SOP yang benar.

"Awal saya mengolah kopi dari kebun sendiri dengan petik merah, bikin dum sendiri untuk jemur kopi, bikin produksi kecil-kecil sesuai dengan SOP yang benar."

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved