Breaking News:

Berita Pekalongan

Meriahnya Karnaval 17 Agustus di Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Karnaval pelajar dan umum di Kabupaten Pekalongan digelar sangat meriah.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Karnaval pelajar dan umum dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 di wilayah Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Karnaval pelajar dan umum dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke- 400 Kabupaten Pekalongan digelar sangat meriah.

Kemeriahan ini adalah yang pertama kali setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Karnaval ini digelar dari lapangan Kompi C 407 Wonopringgo, hingga finish di perempatan Sedayu, Wonopringgo.

Pantauan Tribunjateng.com, karnaval di mulai sekitar pukul 13.30 WIB, ada sekitar 98 peserta yang mengikuti karnaval tahun ini.

Sepanjang jalan raya Wonopringgo, tampak ribuan masyarakat baik anak-anak, remaja, orang tua, hingga orang paruh baya tumpah ruah di jalan raya tersebut. Bahkan, mereka rela  menunggu dipinggir jalan dan berjam-jam untuk melihat peserta karnaval.

Selain kostum yang lucu-lucu, ada peserta bapak-bapak yang sengaja menggunakan seragam sekolah dasar. Dandanan tersebut mengundang gelak tawa warga.

Pasalnya, raut muka dan wajah yang sudah tua, terlihat keriput di sekitar kelopak matanya, kontras dengan seragam SD yang dikenakan. Bahkan, ada emak-emak yang menjadi peserta karnaval menggunakan kaleng bekas untuk jadikan alat musik.

"Alat drumband kami dari bahan-bahan alat bekas, karena manfaatkan alat seadanya untuk ikuti karnaval tahun ini," kata Ratna (38) peserta karnaval Wonopringgo, Jum'at (19/8/2022) sore.

Ia bersama warga yang lain, latihan drumband menggunakan alat seadanya membutuhkan waktu selama satu minggu.

"Rahat dan senang sekali mas, walaupun harus jalan berjam-jam tapi asik ikut karnaval, apalagi ada bupati yang melihat dari awal sampai selesai karnaval," imbuhnya.

Karnaval pelajar dan umum dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 di wilayah Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
Karnaval pelajar dan umum dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 di wilayah Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

Sementara itu, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengapresiasi apa yang dilakukan oleh masyarakat Wonopringgo.

"Pesertanya karnaval lucu-lucu dari anak-anak hingga orang dewasa. Semangatnya sangat luar biasa, mungkin karena ini baru pertama kali digelar pasca pandemi Covid-19, jadi sangat guyub dan keren sekali," kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

Pihaknya sangat mendukung sekali apa yang dilakukan oleh warga, namun yang perlu diingat protokol kesehatan tetap dijaga.

"Karnaval ini untuk memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400," tambahnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved