Berita Pekalongan

Festival Kebudayaan Bangkitkan Perekonomian Warga Tirto Pekalongan Pasca Pandemi Covid-19 

Forkompicam Tirto dan seluruh elemen masyarakat setempat gelar festival kebudayaan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Festival kebudayaan di wilayah Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Memperingati HUT ke -77 Republik Indonesia, sekaligus Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-400, Forkompicam Tirto bersama seluruh elemen masyarakat setempat menggelar festival kebudayaan.

Festival kebudayaan ini, diikuti sekitar 3000 peserta dari unsur Pendidikan mulai siswa TK, SD, SMP, SMA, SMK Negeri dan swasta beserta segenap guru pendamping, unsur pemerintah desa, karangtaruna, organisasi pemuda dan keagamaan serta yang lainya.

Koordinator Carnaval dan Festival Budaya Kecamatan Tirto, Khoirul Huda mengatakan, lewat festival potensi dan kebudayaan ini, semoga masyarakat serta sektor perekonomian di wilayah Kecamatan Tirto cepat bangkit, dapat membangkitkan semangat masyarakat setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

Festival kebudayaan di wilayah Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
Festival kebudayaan di wilayah Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

"Di momentum hari kemerdekaan dan Hari jadi Kabupaten Pekalongan ke-400 semoga menjadi momentum kita, bersama sama bangkit memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Pekalongan," kata Koordinator Carnaval dan Festival Budaya Kecamatan Tirto, Khoirul Huda, Minggu (21/8/2022).

Diungkapkannya, rangkaian festival ini telah dilaksanakan selama sepekan, mulai dari lomba senam ibu-ibu PKK, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Menurut Huda, ada 16 desa yang ikut meriahkan festival budaya, dengan menghadirkan potensi budaya dan ekonomi masing-masing. 

"Tema yang kami usung dalam carnaval tahun ini adalah, Maju Bersama, Tumbuh Bersama, Mutu Yang Utama, Tirto untuk Indonesia. "Mulai dari potensi usaha batik dan jeans, fashion show, unjuk bakat, simtudhuror, musik, hingga gunungan hasil bumi yang menjadi peserta festival budaya," ujarnya.

Festival kebudayaan di wilayah Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
Festival kebudayaan di wilayah Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

Sementara itu, Sekcam Tirto Muhyasin menyampaikan terimakasihnya dan apresiasi untuk seluruh elemen masyarakat yang terlibat dan membantu kegiatan ini, hingga berjalan dengan lancar.

Pihaknya mengajak masyarakat, untuk saling mensupport satu dengan yang lain agar dapat bangkit dari pasca pandemi covid-19.

"Kita sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan sengkuyung bersama. Kegiatan dari rakyat untuk rakyat lewat Carnaval Festival of Culture ini," katanya.

Pihaknya menambahkan, festival budaya ini dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 tahun. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved