Berita Regional

Jatuh di Kawah Gunung Rinjani saat Selfie, Jenazah WNA Portugis Berhasil Dievakuasi Setelah 4 Hari

Setelah melalui sejumlah kendala, akhirnya di hari ke empat, WNA tersebut bisa dievakuasi dari tebing kawah Rinjani, Senin (22/08/2022).

Kompas.com/Istimewa
Jenazah WNA asal Portugis akhirnya berhasil di evakuasi dari kawah Rinjani, Senin (22/8/2022) proses evakuasi berlangsung selama 4 hari sejak Jumat (19/8/2022).(Dok SAR Mataram) 

TRIBUNJATENG.COM, MATARAM - WNA asal Portugis kelahiran Israel, Boaz Tan Anam, dilaporkan jatuh ke kawah Gunung Rinjani saat melakukan selfie atau swafoto pada Jumat 19 Agustus 2022, sekitar pukul 05.30 Wita.

Setelah melalui sejumlah kendala, akhirnya di hari ke empat, WNA tersebut bisa dievakuasi dari tebing kawah Rinjani, Senin (22/08/2022).

Jenazah langsung dibawa ke Rumah sakit Bayangkara Polda NTB di Mataram, untuk divisum.

Baca juga: Potret Pendaki Gelar Upacara Bendera di Gunung Lawu, Diramaikan Kegiatan Pungut Sampah Berhadiah

"Cuaca yang tak menentu dan medan yang curam adalah kendala terberat dalam proses evakuasi, namun tim SAR dibantu oleh TNGR, BPBD Lombok Timur, jajaran kepolisian dan TNI akhirnya berhasil mengevakuasi jenazah," kata Nanang Sigit PH, Kepala Kantor Badan SAR Mataram, Senin (22/8/2022) malam. 

Korban dilaporkan jatuh ke tebing atau kawah Rinjani yang curam sedalam 150 meter.

Pada hari keempat akhirnya jenazah Boaz Tan Anam berhasil dievakuasi mengunakan tali,  menuju ke puncak Rinjani.

"Sesampai di puncak dilakukan proses agar jenazah mudah dibawa turun dari puncak Rinjani melalui jalur pelawangan Sembalun, Lombok Timur," terang Sigit.

Waktu yang singkat dalam setiap proses menuju puncak dan lokasi jatuhnya korban, merupakan tantangan bagi tim penyelamat.

Karena kabut akan datang dan angin atau cuaca buruk menjadi kendala terberat dalam proses evakuasi. 

Jenazah Boaz Tan Anam, langsung dibawa ke  Rumah Sakit Bayangkara Polda NTB Mataram untuk divisum, sebelum dikembalikan ke negara asalnya.

Sebelumnya WNA Boaz Tan Anam dilaporkan jatuh dari puncak Gunung Rinjani saat melakukan kegiatan swafoto pada Jumat 19 Agustus 2022, sekitar pukul 05.30 Wita.

Dia jatuh ke lereng bagian barat laut atau arah Danau Segara Anak. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WNA Portugis Jatuh di Kawah Rinjani Berhasil Dievakuasi di Hari Keempat"

Baca juga: Cerita Mistis Pasar Setan Gunung Lawu dan Kisah Moksa Pabu Brawijaya V

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved