Berita Pekalongan

37 Kereta Kencana Siap Iringi Kirab Hari Jadi ke-400 Kabupaten Pekalongan

Hari Jadi ke 400, Pemkab Pekalongan pada Kamis, (25/8) akan menggelar kirab budaya.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Pemkab Pekalongan
Kereta kencana koleksi dari Kasunanan Surakarta yang akan dinaiki Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dalam kirab hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 tahun. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 400 Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Pemkab Pekalongan pada Kamis, (25/8/2022) menggelar kirab budaya.

Guna mengiringi pelaksanaan kirab, sebanyak 37 kereta kencana atau andhong disiapkan untuk mengangkut sejumlah pejabat dan tamu undangan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Di antaranya Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan Wakil Bupati Riswadi, kemudian jajaran Forkopimda, kepala SKPD, dan lainnya.

Bahkan dari puluhan kereta kencana, dua di antaranya meminjam dari koleksi Kasunanan Surakarta. Dua kereta kencana spesial itu rencananya akan dinaiki Bupati Pekalongan dan wakil bupati pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan, kirab budaya ini dalam rangka memperingati hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 tahun.

"Usia 400 tahun angka yang cukup istimewa, karena ini momentum bagi pemerintah dan seluruh Kabupaten Pekalongan untuk bangkit dari kertepurukan akibat atau dampak pandemi Covid-19. Oleh, karena itu untuk perayaan hari jadi tahun ini memang dikemas semeriah mungkin karena momennya sangat tepat," kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

Kemudian, di tahun ini juga bertepatan dengan 21 tahun perpindahan ibukota kabupaten dari alun-alun Kota Pekalongan menuju ke daerah Kajen.

Perpindahan ini dilakuan lantaran, wilayah Kabupaten Pekalongan sangat luas, ada yang berada di pegunungan, tengah, dan pesisir.

"Pemerintah kita pindah dari Kota Pekalongan ke Kajen, dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus dan saat itu juga dikirab menggunakan kereta kuda. Dengan perpindahan pusat pemerintah Kota Santri, akan memudahkan memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat karena lokasinya berada di tengah tengah."

"Sehingga, pada tahun ini akan napak tilas dengan rute dari Pekalongan, Tirto, Wiradesa, Bojong, Kedungwuni, Wonopringgo, Karanganyar, hingga ke Kajen," imbuhnya.

Fadia menjelaskan, nantinya yang akan dikirab dari alun-alun Kota Pekalongan yaitu bendera pataka Kabupaten Pekalongan.

"Kirab dimulai sekitar pukul 08.00 WIB pagi, menempuh jarak sekitar 27 KM dan diperkirakan kirab akan selesai sekitar pukul 14.00 WIB. Lalu, dilanjutkan dengan sidang istimewa DPRD terkait Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 tahun," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved