Berita Nasional

Berkas Kasus Roy Suryo Telah Dilimpahkan Ke Kejaksaan

Berkas perkara kasus kasus meme Stupa mirip Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan tersangka eks Menpora Roy Suryo telah dilimpahkan ke Kejaksaan.

Editor: m nur huda
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur, Roy Suryo tak ditahan di Polda Metro Jaya, Jakarta, seusai menjalani pemeriksaan kedua. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Berkas perkara kasus kasus meme Stupa mirip Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan tersangka eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo telah dilimpahkan ke Kejaksaan.

"Roy Suryo sekarang berkasnya sudah dilimpahkan penyidik, dilimpahkan ke Kejaksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Selasa (23/8/2022).

Zulpan menyebut dalam pelimpahan berkas tahap satu ini, jaksa akan melakukan penelitian terhadap berkas kasus Roy Suryo tersebut.

Baca juga: Roy Suryo Mengajukan Tahanan Kota dengan Alasan Kesehatan

Baca juga: Polisi Tahan Roy Suryo Kasus Meme Stupa Borobudur karena Dinyatakan Sehat

Baca juga: Kronologi Roy Suryo Ditahan Polisi, Berawal Unggahan Meme Stupa Borobudur Bergambar Jokowi

Baca juga: Roy Suryo Keluar Ruang Penyidik Pakai Penyangga Leher, Kuasa Hukum: Pak Roy Perlu Istirahat

Jika dinyatakan lengkap, lanjut Zulpan, penyidik akan melimpahkan berkas bersama tersangka dan barang bukti ke kejaksaan untuk segera disidangkan.

Namun, jika berkas perkara dinyatakan belum lengkap, maka penyidik akan melengkapinya untuk kemudian diserahkan kembali.

"Ini sebagai bukti komitmen dari Polda Metro dalam rangka penegakan hukum berkeadilan bagi semua pihak," ucap Zulpan.

Roy Suryo Resmi Ditahan

Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Roy Suryo resmi ditahan di Polda Metro Jaya.

"Setelah pemeriksaan tadi siang, maka penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap saudara Roy Suryo sebagai tersangka kasus ujaran kebencian, mulai malam ini dilakukan penahanan," kata Zulpan, Jumat (5/8/2022) malam.

Penahanan itu dilakukan karena adanya kekhawatiran terhadap Roy akan menghilangkan barang bukti.

"Hal ini dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik menghilangkan barang bukti dan sebagainya, sebagaimana tertuang pada pasal 21 ayat 1 KUHAP," jelas Zulpan.

Penahanan Roy dilakukan selama 20 hari ke depan.

Zulpan menuturkan pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti yang di antaranya akun Twitter @KRMTRoySuryo2 hingga ponsel milik Roy Suryo.

“Kemudian beberapa barang bukti yang disita mulai malam ini terkait tindak pidana ini di antaranya adalah akun twitter saudara Roy Suryo, Handphone saudara Roy Suryo, dan handphone dari saksi atas nama Ade Suhendrawan,” jelas Zulpan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved