Berita Semarang

Hendi Akan Kembangkan Watu Tugu Jadi Destinasi Wisata di Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi jika kekayaan situs sejarah menjadi bagian dari daya tarik utama pariwisata di wilayah yang dipimpinnya.

Editor: galih permadi
humas pemkot semarang 
nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Semarang dengan PT. Tanah Mas Panggung terkait rencana hibah situs cagar budaya di jalan Semarang - Kendal, Kelurahan Tugurejo, Rabu (24/8).  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi jika kekayaan situs sejarah menjadi bagian dari daya tarik utama pariwisata di wilayah yang dipimpinnya.

Maka dari itulah, selain kawasan Kota Lama Semarang, dirinya juga memiliki target untuk menata sejumlah kawasan bersejarah lainnya di ibu kota provinsi Jawa Tengah.

Namun meski begitu, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu mengungkapkan jika persoalan kepemilikan aset sering menjadi kendala yang dihadapi.

Salah satunya adalah kawasan Watu Tugu di kelurahan Tugurejo, dimana diyakini menjadi salah satu aset bersejarah penting di Kota Semarang.

Kawasan tersebut sendiri pun menjadi salah satu yang sebenarnya akan dikembangkan oleh Pemerintah Kota Semarang menjadi salah satu destinasi wisata, tapi sayangnya kawasan tersebut menjadi bagian dari aset PT Tanah Mas Panggung.

Untuk itu dalam rangka pengembangan sektor pariwisata, Hendi kemudian berharap aset Watu Tugu dapat menjadi aset yang dikelola oleh Pemerintah Kota Semarang.

Dan harapannya tersebut pun akhirnya terwujud dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Semarang dengan PT. Tanah Mas Panggung terkait rencana hibah situs cagar budaya di jalan Semarang - Kendal, Kelurahan Tugurejo, Rabu (24/8). 

Dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Hendi kemudian mengungkapkan optimismenya untuk dapat mengangkat Watu Tugu menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang. Wali Kota Semarang itu bahkan menegaskan bahwa penyerahan hibah aset tersebut menjadi bagian dari implementasi pola pembangunan Bergerak Bersama di Kota Semarang pada masa kepemimpinannya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT. Tanah Mas Panggung atas rencana hibah Watu Tugu kepada Pemerintah Kota Semarang.

Ini adalah penerapan konsep bergerak bersama dalam sektor pariwisata. Jadi pihak swasta serta masyarakat ikut aktif menginisiasi destinasi wisata kepada pemerintah,” ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved