Berita Pati

Satlantas Polres Pati Adakan Pelatihan Safety Riding untuk Siswa SMKN 3 Pati

Satlantas Polres Pati melaksanakan kegiatan Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas dengan memberikan pelatihan safety riding kepada siswa SMKN 3

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: muslimah
Humas Polres Pati
Satlantas Polres Pati melaksanakan kegiatan Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas (Dikmas Lantas) dengan memberikan pelatihan safety riding kepada siswa SMKN 3 Pati, Selasa 23 Agustus 2022. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Satlantas Polres Pati melaksanakan kegiatan Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas (Dikmas Lantas) dengan memberikan pelatihan safety riding kepada siswa SMKN 3 Pati.

Kegiatan ini dipandu oleh sejumlah personil dari Unit Kamsel, Selasa 23 Agustus 2022.

Kasat Lantas Polres Pati AKP Endah Setianingsih mengatakan, kegiatan Dikmas Lantas kepada siswa ini bertujuan memberikan pemahaman etika berlalu lintas pada siswa.

Etika berlalu-lintas di antaranya mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menggunakan helm serta memenuhi kelengkapan kendaraan.

Bukan itu saja, para pelajar juga mendapat sosialisasi tentang UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sehingga mereka tahu aturan usia dan syarat apa yang harus dipenuhi seseorang agar boleh menggunakan kendaraan bermotor dan mendapatkan surat izin mengemudi (SIM).

Selain itu dilaksanakan juga pelatihan Safety Riding di Lapangan Praktik Satpas SIM kepada Siswa SMK N 3 Pati.

Harapannya agar para siswa bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

“Kami memberikan pemahaman berlalu lintas kepada anak-anak sekolah, karena kebanyakan pelanggaran hingga terjadinya kecelakaan berasal dari pelajar yang masih di bawah umur,” ucap Kasat Lantas Polres Pati AKP Endah Setianingsih dalam keterangan tertulis pada TribunMuria.com, Rabu 24 Agustus 2022.

Menurut dia, hal ini penting dilakukan agar dapat meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami juga mengimbau agar para orang tua apabila memiliki anak yang belum cukup umur, agar tidak diberikan izin berkendara demi keselamatan anak-anak,” imbuh Endah Setianingsih.

Ia berharap, dengan terus dilakukannya Dikmas Lantas ke sekolah-sekolah, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dengan pelaku para pelajar tidak ada lagi.

“Kami memberikan pendidikan ini karena polisi sayang kepada para pelajar jangan sampai para pelajar ataupun generasi muda menjadi korban ataupun pelaku kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Mari kita jaga keselamatan di jalan raya saat berkendara sehingga terciptanya kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Pati,” pungkas Endah. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved