Berita Pekalongan

Kirab Budaya Napak Tilas Pemindahan Ibukota Kabupaten Pekalongan, Bupati Fadia: Moga Bisa Rutin

Dua kereta kencana yang dinaiki Bupati dan wakil bupati Pekalongan merupakan kereta kencana koleksi dari Kasunan Surakarta

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Indra Dwi Purnomo
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bersama suami Muhtarudin Ashraff Abu saat menaiki kereta kencana dalam kirab budaya memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Memperingati Hari Jadi ke 400 Tahun Kabupaten Pekalongan dan sekaligus bertepatan pemindahan ibukota kabupaten Pekalongan ke 21 tahun dari Kota Pekalongan ke Kajen, Pemkab Pekalongan menggelar kirab budaya.

Kirab budaya start dari ex pendopo Kabupaten Pekalongan di alun-alun Kota Pekalongan sekitar pukul 08.30 WIB, menuju ke DPRD Kabupaten Pekalongan.

Pantauan Tribunjateng.com, sebanyak 37 kereta kencana mengiringi kirab budaya hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan.

Dua kereta kencana yang dinaiki Bupati dan wakil bupati Pekalongan merupakan kereta kencana koleksi dari Kasunan Surakarta.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gedung DPRD Pati Disatroni Maling, Dokumen-Dokumen Penting Raib

Baca juga: Video Kisah Haru Pengayuh Becak di Kota Lama Semarang, Sering Menahan Lapar Seharian

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bersama suami Muhtarudin Ashraff Abu, dan Wakil Bupati Pekalongan Riswadi menggunakan pakaian adat jawa.

"Kirab ini merupakan rangkaian untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan dan 21 tahun pemindahan ibukota Kabupaten Pekalongan."

"Jadi, kirab ini adalah napak tilas pemerintah Kabupaten Pekalongan dari di kota, ke Kajen," kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq kepada Tribunjateng.com, Senin (25/8/2022).

Kirab ini membawa bendera pataka Kabupaten Pekalongan, melewati dari Jalan Hayam Wuruk Kota Pekalongan, Jalan Gajah Mada, masuk ke Tirto, Wiradesa, Bojong, Wonopringgo, Karanganyar, hingga ke Kajen.

"Kirab ini sesuatu yang unik dan memperingati 4 abad Kabupaten Pekalongan, insya allah di umur 4 abad ini Kabupaten Pekalongan tambah sukses dan maju," imbuhnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, atas antusias dalam kirab budaya untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan.

"Harapan saya acara ini, setiap tahun kita bisa melaksanakan. Saya juga berpesan kepada masyarakat, semoga terus bekerjasama dan kompak untuk membangun Kabupaten Pekalongan," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Riswadi mengatakan kirab ini sangat meriah sekali dan sakral sekali.

"Ini adalah yang pertama kali napak tilas dalam rangka hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 4 abad. Kita ingin flash back pemindahan pemerintahan Kabupaten Pekalongan dari Kota Pekalongan, menuju ke Kajen," katanya.

Pihaknya berharap dengan kirab budaya seperti ini bisa memberikan spirit dan semangat baru untuk membangun Kabupaten Pekalongan.

"Harapan saya dalam kirab ini  mengingatkan kepada masyarakat bahwa persatuan dan kesatuan sangat penting sekali, pasca pandemi Covid-19," tambahnya. (Dro)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved