it telkom purwokerto

Karya Mahasiswa Dari IT Telkom Purwokerto, Majukan Desa Wisata Cikakak

mahasiswa IT Telkom Purwokerto membuat sebuah booklet untuk mempromosikan wisata sejarah dan religi masjid Saka Tunggal di Desa Cikakak

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Karya Mahasiswa Dari IT Telkom Purwokerto, Majukan Desa Wisata Cikakak 

TRIBUNJATENG.COM - Untuk mempromosikan wisata sejarah dan religi masjid Saka Tunggal di Desa Cikakak Kecamatan Wangon, mahasiswa IT Telkom Purwokerto membuat sebuah booklet.

Melalui booklet ini, disajikan informasi tentang sejarah, tradisi dan adat budaya Masjid Saka Tunggal yang dikemas dalam bentuk desain dan infografis.

Tugas akhir atau skripsi menjadi salah satu momen yang selalu ditunggu bagi insan mahasiswa untuk menuangkan suatu ide dan membuat salah satu karya sesuai dengan spesifikasinya semasa kuliah.

Proses yang panjang menjadikan tugas akhir terbilang menyita waktu dan butuh kesiapan pikiran, tenaga, dan mental dalam menghadapinya.

Hal ini senada dengan yang dialami Junanda Popilia, atau yang akrab dipanggil Popi. Popi sendiri merupakan mahasiswa semester 8 prodi Desain Komunikasi Visual IT Telkom Purwokerto.

Di masa semester tua seperti sekarang ini, Popi sedang disibukan dalam proses pengerjaan tugas akhir.

Dalam tugas akhirnya, Popi mengambil objek penelitian yaitu Masjid Saka Tunggal Cikakak. Masjid yang terletak di Desa Cikakak Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas ini kaya akan nilai sejarah dan tradisi adat budaya.

Hal inilah yang menjadikan masjid ini dilirik pemerintah untuk menjadi salah satu destinasi wisata religi di Banyumas.

Wisata religi Masjid Saka Tunggal Cikakak ini juga mengundang banyak animo dari wisatawan lokal dan mancanegara.

Para wisatawan yang datang ke sini kebanyakan tertarik karena masjid ini terbilang unik walaupun dibangun pada tahun 1288 namun tetap mempertahankan keasliannya.

Berdasarkan potensi dan permasalahan yang ada, Popi tertarik untuk memecahkan masalah tersebut dengan merancang infografis sebagai panduan bagi pengunjung Wisata Religi Masjid Saka Tunggal Cikakak.

Infografis tersebut diaplikasikan dalam beberapa media yang disesuaikan dengan target audience.

Dalam menggali sumber informasi berkaitan dengan Masjid Saka Tunggal, Popi dibantu oleh narasumber untuk mendapatkan data valid. Adapun pihak yang diwawancarai adalah Pokdarwis Saka Tunggal yang melihat dari sisi aspek wisata dan tokoh adat atau juru kunci  Masjid Saka Tunggal yang melihat dari sisi aspek sejarahnya.

Dalam proses berkarya ini, Popy dibantu oleh dua dosen pembimbing yaitu Bapak Arsita Pinandita, S.Sn., M.Sn. dan Bapak Alfiandi Eka Kusuma, S.Sn., M.Sn.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved