Berita Video

Video Pemuda hingga Ibu-ibu Belanja Pakai QRIS di Pasar Tradisional Kendal

KPwBI Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan Grebeg QRIS di Pasar Boja, Kendal.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL -Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan Grebeg QRIS di Pasar Boja, Kendal, Jumat (19/8/2022). 

Dalam kegiatan yang juga akan diselenggarakan di Pasar Kaliwungu, Sabtu (20/8/2022), BI Jateng mengajak para pengunjung pasar untuk bertransaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Kegiatan Grebeg QRIS ini kami mendorong penggunaan QRIS di Pasar Boja bersama BNI Wilayah 05 Semarang dan Pemkab Kendal yang selama ini masih tunai dan sejak 2022 mulai merambah pembayaran digital”.

"Lalu kita tahu bahwa saat ini khususnya kaum milenial tidak bisa lepas dari handphone. Terkadang lupa membawa dompet masih tidak apa-apa, tapi lupa handphone itu pasti masalah. Ini salah aatu cara kami untuk mendorong anak muda ketika mereka mau bertransaksi tinggal menggunakan QRIS," kata Kepala Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengawasan SP PUR (sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah) BI Jateng, Darmawan Tohap di sela kegiatan.

Dalam kesempatan itu untuk mendorong transaksi pengguna QRIS, BI Jateng bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah 05 Semarang menyediakan 200 buah sembako gratis berupa minyak goreng 1 liter dan 1 kg gula pasir untuk diberikan kepada masyarakat yang berhasil melakukan transaksi minimal Rp 30 ribu di pedagang Pasar Boja dan Kaliwungu yang sudah menggunakan QRIS.

Tohap menambahkan, di Jawa Tengah sendiri saat ini telah ada 10 pasar yang mengimplementasikan QRIS dan akan bertambah seiring dengan gencarnya upaya digitalisasi transaksi daerah.

Adapun selain pasar, pihaknya juga mendorong pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai layanan pembayaran untuk mengaplikasikan QRIS.

Grebeg QRIS di Pasar Boja disambut oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Kendal dan juga para merchant serta pengunjung pasar.

Tampak pada kegiatan itu, sejumlah warga mulai pemuda hingga ibu-ibu berbondong-bondong datang untuk melakukan transaksi menggunakan QRIS.

Transaksi menggunakan QRIS di Pasar Boja Kendal, Jumat (19/8/2022). (Tribun Jateng/Idayatul Rohmah)
Faalia Rahmawati (38), warga Campurejo Boja terlihat memborong belanjaan ke sejumlah toko. Dia yang mengaku berbelanja ke tiga toko tersebut menyebutkan, proses berbelanja semakin dipermudah dengan penggunaan QRIS.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved