Berita Banyumas

Wujudkan Literasi Warga Melalui Jurnalistik, Wabup Sadewo Melaunching Inovasi "Telaga Antik"

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono melaunching inovasi “Telaga Antik”.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Tribunjateng.com/Imah Masitoh
Kegiatan Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa Tahun 2022 sekaligus launching inovasi Literasi Warga dengan Jurnalistik (Telaga Antik). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Wujudkan literasi warga melalui jurnalistik, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono melaunching inovasi “Telaga Antik”, Kamis (25/8/2022) di D'Garden Hall Resto Purwokerto.

Telaga Antik atau kepanjangan dari Terwujudnya Literasi Warga dengan Jurnalistik ini merupakan program inovasi oleh dari Ani Widosari, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Purwokerto Utara. 

Launching ini diselenggarakan dalam Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa Tahun 2022.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Banyumas, Yayah Setiyono mengatakan peserta rapat koordinasi ini diikuti sebanyak 100 orang yang berasal dari perwakilan unsur OPD kecamatan dan desa. 

Kegiatan Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa Tahun 2022 sekaligus launching inovasi Literasi Warga dengan Jurnalistik (Telaga Antik).
Kegiatan Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa Tahun 2022 sekaligus launching inovasi Literasi Warga dengan Jurnalistik (Telaga Antik). (Tribunjateng.com/Imah Masitoh)

"Tujuan rapat ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta dalam memahami fungsi domain website desa dan kecamatan serta tersosialisasinya inovasi Telaga Antik," kata Yayah. 

Wakil Bupati Sadewo sangat mengapresiasi atas terselenggaranya rapat koordinasi dan launching Inovasi Telaga Antik ini.

Menurutnya, inovasi Telaga Antik ini dapat menjadi sarana yang efektif memperkuat komitmen dan memperteguh tekad meningkatkan digitalisasi pelayanan informasi di wilayah Kabupaten Banyumas.

"Saya mengajak seluruh kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Banyumas untuk berpartisipasi dan mendukung optimalisasi pemanfaatan fasilitas digital yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas

Teman-teman OPD saya minta memfungsikan dan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang sudah dibuat untuk kepentingan kita,” tegasnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Wahyu Budi Saptono juga turut hadir dalam rapat koordinasi ini sebagai narasumber yang memberikan materi tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa. 

Dalam penyampaian materinya, Sekda mengajak peserta untuk menggunakan aplikasi yang telah disediakan untuk memajukan desa dan bagi yang masih gagap teknologi bisa berkoordinasi dengan Dinkominfo Kabupaten Banyumas.

Sementara inovator Telaga Antik, Ani Widosari mengatakan bahwa inovasi dibuat sebagai sarana memudahkan pelaksana kegiatan pejabat. 

Dalam hal ini untuk dapat mendokumentasikan dan memberikan informasi secara cepat tentang kegiatan yang dilaksanakan melalui data dan foto sehingga masyarakat dapat mengetahui secara cepat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh OPD. 

Menurutnya, dengan informasi akan menjadi cepat dan baik tersebut akan menjadi kebiasaan, dengan informasi yang transparan, dan tidak ada yang ditutup tutupi.

"Dengan demikian secara tidak langsung membangun literasi masyarakat karena kebiasaan membaca," katanya.

Ani juga memastikan bahwa menulis itu tidak sulit. Dengan kebiasaan yang akan dilakukan juga akan menghindari berita berita hoax. 

Ani turut menambahkan bahwa pihaknya menggandeng relawan yang berasal dari akademisi, PWI, wartawan dan pegiat literasi lainnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved