PAN Rekomendasi 9 Kandidat Capres, Zulhas: Terserah Parpol

para ketua umum dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga diusulkan sebagai kandidat capres.

Editor: Vito
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan 

TRIBUN JATENG.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) merekomendasikan sembilan nama kandidat calon presiden (capres) 2024 hasil rapat kerja nasional (Rakernas).

Sembilan nama itu antara lain Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Kemudian, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Seperti diketahui, PAN tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, para ketua umum dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga diusulkan sebagai kandidat capres.

“Satu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kader pasti inginnya ketua umumnya. KIB itu ada tiga (partai). Yang kedua, beberapa DPW (mengusulkan) Pak Airlangga Hartarto untuk (jadi) calon presiden,” ungkapnya, pekan lalu.

Lalu, kader PAN di wilayah juga mendorong Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa sebagai capres. “Satu lagi pimpinan PDI Perjuangan Ibu Puan Maharani,” imbuhnya.

Zulhas menegaskan, nama-nama itu baru usulan yang muncul dalam Rakernas PAN. Pihaknya butuh waktu untuk memutuskan figur capres yang bakal diusung. “Pada saatnya tentu kita akan memutuskan, maka dari itu saudara-saudara percayakan pada ketum,” imbuhnya.

Ia memastikan penentuan seseorang dapat maju sebagai calon presiden (capres) tetap berada di tangan parpol

“Memang kalau (hasil) survei-survei, urutan kesatu itu Pak Ganjar, kedua Pak Anies. Tapi Pak Presiden bilang, walau survei tinggi, yang ngusung (capres) partai politik dan gabungan partai politik, keputusan ada di partai politik atau gabungan partai politik,” terangnya.  (Kompas.com/Putra Prima Perdana/Vitorio Mantalean/Tatang Guritno)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved