it telkom purwokerto

Himpunan Mahasiswa Sains Data ITTP Menciptakan E-Health Desa Grujugan Kebumen

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Himpunan Mahasiswa Sains Data ITTP Menciptakan E-Health Desa Grujugan Kebumen Dalam Rangka Program PPK Ormawa 

TRIBUNJATENG.COM - PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan terselenggaranya kegiatan nyata di masyarakat, organisasi kemahasiswaan akan memiliki jiwa yang kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air. Masyarakat sebagai objek diharapkan berubah dari primitive ke smart society.

Hal ini merupakan perwujudan dari desa digital yang menjadi topik tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Sains Data.

Program ini mentransformasikan manajemen posyandu desa dari konvensional ke digital dengan aplikasi e-Health.

Aplikasi e-Health akan mengefektifkan dan mengefisienkan pelayanan kesehatan di desa.

Hal tersebut akan meningkatkan kinerja posyandu dan kepuasan masyarakat akan pelayanan yang mereka peroleh. 

Institut Teknologi Telkom Purwokerto pada Jumat, 29 Juli 2022, melalui perwakilan institusi yaitu Tim PPK Ormawa dari Himpunan Mahasiswa Sains Data beserta Siti Khomsah, S.Kom., M.Cs. selaku dosen  pendamping tim melaksanakan kunjungan ke Desa Grujugan, Kabupaten Kebumen.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu dari proses rangkaian pelaksanaan PPK Ormawa 2022.

Kunjungan tim yang beranggotakan 5 orang ini bertujuan untuk pengambilan data ke Desa Grujugan guna melengkapi data dalam perancangan aplikasi dan website untuk layanan serta pemantauan kesehatan ibu, balita, dan lansia yang akan digunakan oleh Posyandu Desa Grujugan.

Kegiatan berlangsung di aula Desa Grujugan dan dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa dan kader-kader posyandu Desa Grujugan.

Acara ini berlangsung mulai pukul 10.00 - 12.00 WIB dan terlaksana dengan lancar.

Kunjungan ini diawali dengan pembukaan dari Siti Khomsah, S.Kom., M.Cs. dilanjutkan dengan wawancara antara mahasiswa dengan ketua kader posyandu yaitu Ibu Winarti.

Dalam kesempatan ini, tim mahasiswa yang diwakili oleh Indah Purwanti, Rifaldo Yohanes Sinaga, Gayuh Fikri Khusnaeli, dan Alifia Zahra Winesti, melakukan wawancara dan diskusi dengan Ibu Winarti selaku ketua kader posyandu Grujugan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved