UIN Walisongo Semarang

Pengembangan Program Perkuliahan Astronomi Mengantarkan Susilawati Menjadi Doktor ke-25 FST UIN

Dosen Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Susilawati, melaksanakan Sidang Promosi Doktor pada UPI Bandung.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Dosen Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Susilawati bersama para pimpinan FST UIN Walisongo Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Jumat (26/8), dosen Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Susilawati, telah melaksanakan Sidang Promosi Doktor pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Ibu kelahiran Muara Enim 36 tahun silam ini menyelesaikan studi S-1 pada Prodi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.

Selanjutnya, menempuh pascasarjana pada S-2 Pendidikan IPA Konsentrasi Pendidikan Fisika SPs UPI.

Kemudian melanjutkan studi S-3 Program Studi Pendidikan IPA di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Susilawati dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Program Perkuliahan Astronomi Menggunakan Investigasi Saintifik (PA-INSA) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi, Penalaran Ilmiah, dan Literasi Visual Calon Guru Fisika.

Penelitian tersebut dipandang sangat urgen untuk dilakukan dengan meninjau aspek strategis bidang astronomi sebagai salah satu cabang ilmu alam, serta pentingnya kemampuan berpikir kognitif tingkat tinggi, penalaran ilmiah, dan literasi visual untuk ditumbuh kembangkan dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Astronomi sebagai salah satu cabang ilmu fisika dan merupakan ilmu tertua tetapi terus berkembang menjadi sangat penting untuk dipelajari dalam upaya membekali pengetahuan sains mahasiswa calon guru.

Kemampuan berpikir kognitif tingkat tinggi, penalaran ilmiah, dan literasi visual merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan pendidikan, baik sebagai tahapan proses maupun hasil dari kegiatan pendidikan tersebut.

Latar belakang penelitian diawali adanya kebutuhan kinerja ilmiah dan media pengamatan untuk mengatasi kesulitan pengamatan langsung pada perkuliahan astronomi.

Tujuan penelitian tersebut adalah untuk menghasilkan program perkuliahan astronomi menggunakan investigasi saintifik (PA-INSA) untuk meningkatkan kemampuan kognitif tingkat tinggi, penalaran ilmiah, dan literasi visual yang valid dan teruji.

Simpulan penelitian menyatakan bahwa pengembangan dan implementasi program PA-INSA dapat meningkatkan Kemampuan kognitif tingkat tinggi, penalaran ilmiah, dan literasi visual calon guru fisika.

Sidang yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. Adapun promotor dan penguji dalam Sidang Promosi Doktor tersebut, yaitu: (1) Dr. Dadi Rusdiana, M.Si. (promotor); (2) Dr. Taufik Ramlan Ramalis, M.Si. (co-promotor); (3) Dr. Ida Kaniawati, M.Si. (anggota co-promotor); (4) Prof. Dr. Andi Suhandi, M.Si. (penguji internal); (5) Prof. Dr. H. Chaerul Rochman, M.Pd. (penguji eksternal); dan (6) Prof. Dr. H. Tatang Herman, M.Ed. (ketua sidang).

Hadir secara langsung memberikan motivasi dan dukungan kepada Dr. Susilawati, M.Pd. adalah jajaran pimpinan di Fakultas Sains dan Teknologi.

Jajaran pimpinan FST tersebut antara lain: (1) Dr. H. Saminanto, M.Sc. (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan); (2) Dr. Joko Budi Poernomo, M.Pd. (Kaprodi Pendidikan Fisika); (3) Edi Daenuri Anwar, M.Si. (Sekretaris Prodi Pendidikan Fisika); (4) Dr. Atik Rahmawati, M.Si. (Kaprodi Pendidikan Kimia); (5) Dr. Listyono, M.Pd. (Kaprodi Pendidikan Biologi); (6) Dr. Ervin Tri Suryandari, M.Si. (Kepala Laboratorium Saintek Terpadu).

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag. menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dr. Susilawati, M.Pd.

“Atas nama pimpinan UIN Walisongo, saya bersyukur dan merasa bangga, memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada ibu Dr. Susilawati, M.Pd. yang telah meraih prestasi akademik menyelesaikan studi program doktor Pendidikan IPA pada Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Semoga semakin bermanfaat ilmunya dan berkontribusi nyata bagi kemajuan UIN Walisongo Semarang.

Juga memberi inspirasi dan motivasi teman sejawat dosen lainnya untuk meningkatkan profesionalitas dengan segera meraih gelar doktor, dan melanjutkan studi S-3 bagi semua dosen muda,” ungkap Rektor.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved