Berita Ekonomi

Berikut Syarat Pekerja Penerima Bantuan Subsidi Upah BSU Rp 600 Ribu, Termasuk Kriteria Gaji

BSU sebesar Rp 9,6 triliun tersebut rencananya akan disalurkan kepada 16 juta pekerja dengan upah kurang dari Rp 3,5 juta perbulan

Editor: muslimah
Kompas.com
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM - Berikut syarat bagi pekerja yang akan menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Seperti diketahui pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 9,6 triliun untuk 

BSU sebesar Rp 9,6 triliun tersebut rencananya akan disalurkan kepada 16 juta pekerja dengan upah kurang dari Rp 3,5 juta perbulan.

Diketahui dari laman Setkab, bantuan ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global.

Baca juga: Tanggapi Kabar Harga BBM Bakal Naik , Warga: Di Negara Ini Semua Bakal Naik, yang Turun Cuma Hujan

Baca juga: Logo Inkoppol Tertempel di Truk Tangki Pengangkut Solar Ilegal, Begini Kata Satreskrim Polres Blora

Oleh karena itu pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 24,17 triliun yang dibagi menjadi 3 jenis bantuan yakni, Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan Bantuan Pemerintah Daerah (Pemda).

Adapun teknis penyaluran BSU ini akan menjadi tugas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan teknis penyaluran subsidi upah ini akan dibayarkan 1 kali selama 1 bulan dengan nominal sebesar Rp 600 ribu.

“Bapak Presiden juga menginstruksikan kita untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan dengan bantuan sebesar Rp600 ribu, dengan total anggaran sebesar Rp9,6 triliun," ungkap Sri Mulyani.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Keuangan usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden pada Senin (29/8/2022).

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, akan segera membuat petunjuk teknis agar BSU segera tersalurkan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved