Unsoed Purwokerto

Halal Center UNSOED Gelar Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) BATCH 3

Kegiatan daring dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus berisikan materi pelatihan, sedangkan 20-24 Agustus bersifat luring

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Halal Center UNSOED Gelar Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) BATCH 3 

TRIBUNJATENG.COM - Bentuk komitmen Halal Center UNSOED yang diketuai oleh Poppy Arsil, STP, MT, PhD dalam mendukung percepatan sertifikasi halal adalah melakukan pelatihan PPH dan mendampingi UMKM secara konsisten untuk mendapatkan sertifikasi halal melalui jalur self-declare.

Bekerjasama dengan Bank Indonesia Purwokerto, Halal Center UNSOED kembali mengadakan pelatihan pendamping proses produk halal (PPH) Batch 3.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ketua LPPM Unsoed Prof. Dr.Rifda Naufalin,S.P.,M.Si, dan sambutan dari Kepala Bank Indonesia Purwokerto Bapak Rony Hartawan.

Pada kesempatan ini, Ketua LPPM UNSOED menyerahkan secara simbolis ketetapan halal produk UMKM binaan Halal Center UNSOED.

UMKM yang mewakili adalah usaha roti dan kue “KenZhaf Bakery” yang dimiliki oleh ibu Waryanti beralamat di Thalab Lor RT 02/RW 11, Thalab Lor, Kecamatan Karangreja , Kabupaten Purbalingga.

Pelatihan PPH Bacth 3 yang diketuai oleh Dian Novitasari, S.TP, M,Si dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) pada tanggal 19-24 Agustus 2022 dan diikuti oleh 260 peserta baik dari mahasiswa, alumni, maupun masyarakat umum. Kegiatan pelatihan ini setara dengan 20 jam pelatihan (JP), 15 JP merupakan teori dan 5 JP praktek.

Sebagai pemateri pada pelatihan ini adalah pakar yang berkompeten dalam kehalalan dan skema pengajuan halal center seperti Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH (Dr. H. A. Umar, M.A.), Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Banyumas (Prof. Dr. H. Ridwan, M.Ag.), dan Trainer bersertifikat BPJPH yang dimiliki oleh Halal Center Unsoed (Poppy Arsil, STP. MT., Ph.D.; Hety Handayani Hidayat, S.TP., M.Si.; Izka Soffiya Wahyurin, S.Gz., M.P.H.; Lis Safitri, S.Th.I., M.Pd.; Wilis Cahyani, S.P., M.P.; dan Dian Novitasari, S.TP., M.Si.).

Kegiatan daring dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus berisikan materi pelatihan, sedangkan 20-24 Agustus bersifat luring berisikan materi praktek dan konsultasi persiapan dokumen sertifikasi halal dengan masing-masing fasilitator.

Peserta yang lulus kegiatan PPH ini akan didaftarkan ke BPJPH untuk mendapatkan nomor registrasi sebagai pendamping PPH.

Dengan terlaksananya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah sumber daya manusia yang kompeten di bidang Pendampingan Proses Produk Halal yang bernaung di Halal Center Unsoed.

Harapannya dengan meningkatnya jumlah pendamping PPH maka akan dapat membantu dalam mendamping UMK dalam proses sertifikasi halal dengan skema self declare. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved