Berita Semarang

Harga Telur Sudah Turun, Asosiasi Koperasi Unggas: Bulan September Kemungkinan Rp 25 Ribu per Kg

Setelah mengalami kenaikan, harga telur ayam kini menunjukkan adanya penuruan.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Pedagang di Semarang menunjukkan telur dagangannya. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir, harga telur ayam kini menunjukkan adanya penuruan.

Ketua Asosiasi Koperasi Unggas Sejahtera Kendal Suwardi menyatakan, harga telur saat ini mengalami penurunan Rp 1.300 untuk setiap kilogramnya.

"Di koperasi sudah ada penurunan, dari harga tertinggi Rp 28 ribu per kilogram, turun Rp 1.300. Sekarang harganya Rp 26 ribu - Rp 27 ribu per kilogram. Itu sudah lepas dari koperasi," kata Suwardi saat dihubungi tribunjateng.com, Selasa (30/8/2022).

Suwardi lebih lanjut menyatakan, adanya penurunan harga yang baru berlaku ini memang belum secara menyeluruh dirasakan konsumen.

Sebab, kata dia, penurunan harga baru berlaku per hari ini. Sehingga, hal itu memungkinkan pedagang masih memberlakukan harga sebelumnya lantaran stok belanja yang masih tersisa.

Dia memperkirakan, para pedagang termasuk di wilayah Semarang akan mulai menerapkan harga baru esok hari.

"Jawa Tengah hari ini seharusnya menghabiskan stok belanja sebelumnya. Sekarang mungkin masih ada yang jual Rp 30 ribu per kilogram, tapi mungkin besok sudah Rp 28 ribu - Rp 29 ribu per kilogram.

Untuk Semarang, sekarang sudah sebagian ada yang jual Rp 29 ribu per kilogram karena yang kami kirim hari ini Rp 27.200 per kilogram sudah sampai Semarang," terang Suwardi.

Di sisi itu Suwardi melanjutkan, pihaknya sendiri memastikan setelah adanya penurunan harga ini, harga ecer telur maksimal pada kisaran Rp 28 ribu per kilogram.

Pedagang di Semarang menunjukkan telur dagangannya.
Pedagang di Semarang menunjukkan telur dagangannya. (Tribun Jateng/Idayatul Rohmah)

Adapun bulan depan, kata dia, dimungkinkan penurunan harga akan kembali terjadi seiring dengan mulai normalnya permintaan dan banyaknya ayam yang mulai bertelur ketika dewasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved