Berita Boyolali

Kunci Keberhasilan Capaian SMA Pradita Dirgantara Boyolali Raih Peringkat 3 Nasional Sekolah Terbaik

SMA Pradita Dirgantara Boyolali peringkat 3 nasional sekolah terbaik di Indonesia.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Suasana SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI - SMA Pradita Dirgantara Boyolali, sekolah di bawah naungan TNI Angkatan Udara (AU) berhasil meraih peringkat 3 nasional sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2022.

Sekolah yang baru berdiri sejak 2018 dan baru meluluskan dua angkatan itu, bahkan pada tahun 2021 dalam satu kelas seluruh siswanya berhasil masuk perguruan tinggi negeri.

Direktur Direktorat Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Dwi A. Yuliantoro menyampaikan, keberhasilan capaian itu tidak didapat dari proses yang instan. Proses itu sudah dilakukan sejak sekolah itu berdiri.

Menurutnya, ada tiga hal yang membuat sekolah yang berada di kompleks Bandara Internasional Adi Soemarmo bisa mencapai peringkat 3 nasional. Yakni terkait proses seleksi, kurikulum, dan tenaga pengajar.

Suasana SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Selasa (30/8/2022).
Suasana SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Selasa (30/8/2022). (Tribun Jateng/Muhammad Sholekan)

“Jadi yang pertama harus kita kasih kredit kenapa kok bisa sampai bisa menduduki peringkat 3 nasional itu dari proses seleksinya. Kita secara proses seleksi sangat ketat, kita pilih the best of the best-nya dari seluruh Indonesia,” ucap Dwi, Selasa (30/8/2022).

Dwi menjelaskan, setelah itu ketika mereka masuk ke SMA Pradita Dirgantara juga dibekali pembelajaran yang berkualitas dengan desain kurikulum yang memang di atas rata-rata.

“Dengan konten-konten yang kita pilih dari materi yang bobotnya itu untuk anak-anak pintar. Karena mereka kan bibitnya sudah pintar ya,” ungkapnya

Menurutnya, kalau para siswa kemudian tidak dibekali dengan materi atau pembelajaran yang seimbang dengan kemampuan mereka, kan juga akhirnya mereka tidak belajar maksimal. Dengan konten yang berkualitas itu kemudian juga dilengkapi dengan fasilitas belajar yang sangat lengkap.

“Kita ada fasilitas pembelajaran di kelas, kemudian karena kita sekolah berasrama juga kita sediakan fasilitas untuk mereka berkegiatan sekolah, tinggal di asrama yang sangat memadai,” tuturnya.

Terakhir, menurut Dwi, yang juga menjadi kunci dari keberhasilan sekolah ini adalah kualitas guru-guru yang di atas rata-rata nasional juga. Tidak mungkin ingin mendidik siswa-siswa di SMA ini menjadi pemimpin masa depan dunia, kalau para gurunya tidak juga berada di kualitas yang unggul dari kebanyakan.

“itu potensi yang menurut saya yang menjadi kunci keberhasilan sekolah,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved