Berita Demak

Polemik Penetapan Bakal Calon Pilkades Wonokerto, Panitia Pilkades : Juklak, Juknis & Perda Berbeda

Ketua Panitia Pilkades Wonokerto, Saiful Imron mengklarifikasi adanya permasalahan ketidak lengkapan berkas Bakal Calon Kepala Desa.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: Catur waskito Edy
Rezanda Akbar D.
Ketua Panitia Pilkades Wonokerto, Saiful Imron mengklarifikasi adanya permasalahan ketidak lengkapan berkas Bakal Calon Kepala Desa 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Ketua Panitia Pilkades Wonokerto, Saiful Imron mengklarifikasi adanya permasalahan ketidak lengkapan berkas Bakal Calon Kepala Desa.

"Disitu ada kekurangan berkas administrasi dari Siti Hany Aisyah, yakni terkait surah kesehatan jiwa dari dokter pemerintah," ucapnya di Balai Desa Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, Demak, Selasa 30 Agustus 2022.

Persyaratan Surat Kesehatan Jiwa mengacu pada Perda Nomor 5 Tahun 2022 pada pasal 24 Ayat 1 pada huruf L.

"Jadi ada tiga surat kesehatan yang harus diserahkan, pertama surat kesehatan tidak terkena penyakit, kedua surat kesehatan bebas dari narkoba dan yang ketiga terkait kesehatan jiwa dan tidak terganggu psikologisnya," katanya.

Saiful membenarkan bahwa berkas tersebut telah masuk ke Dinpermades Kabupaten Demak, 

"Memang benar dia mengurus dan memberi tahukan kepada Kabupaten, tapi tidak dilampirkan diberkas pendaftaran," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, terkait checklist kelengkapan berkas persyaratan yang dimiliki Siti Hany Aisyah.

"Memang betul, pada checklist kesehatan sudah dicentang semua oleh panitia. Yakni berbadan sehat dan bebas narkoba, tapi yang surat kesehatan jiwa tidak ada, meskipun punya tapi tidak dilampirkan itu salahnya sendiri," jelasnya.

Kolom terkait surat kesehatan jiwa, tidak terdapat pada checklist yang diberikan oleh Pemda, namun dirinya telah menyosialisasikan kepada bakal calon. 

"Disitu saya sesuai dengan juklak dan juknis lamaran yang dibuat oleh Pemkab Demak(checklist) dan kita selaraskan lagi sesuai Perda," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved