Berita Kudus

32 Disabilitas Kudus Dilatih Membatik Eco-print

Sebanyak 32 penyandang disabilitas asal Kabupaten Kudus dilatih keterampilan membatik eco-print, Rabu (31/8/2022).

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Sejumlah disabilitas tuna netra dan disabilitas mental dilatih membatik eco-print di Taman Krida Kudus, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sebanyak 32 penyandang disabilitas asal Kabupaten Kudus dilatih keterampilan membatik eco-print, Rabu (31/8/2022).

Uniknya, 20 peserta di antaranya merupakan penyandang disabilitas tuna netra, dan sisanya dari kalangan disabilitas mental (ODGJ).

Dengan keterbatasan masing-masing, mereka dilatih terampil memproduksi karya kain batik selama kurang lebih 3 jam.

Kepala Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo Kudus, Sundar mengatakan, pelatihan kali ini menjadi tantangan baginya untuk mengenalkan keterampilan membatik kepada penyandang disabilitas, utamanya bagi disabilitas netra yang mengalami keterbatasan penglihatan.

Pihaknya menggandeng Genta Mas Batik Kudus dalam mengenalkan dan melatih langsung para peyandang disabilitas.

"Sebenarnya sudah empat bulan program ini kami rencanakan, namun baru terealisasi hari ini. Kami terus berupaya memberikan bekal keterampilan kepada meraka untuk bekal kembali ke tengah masyarakat," terangnya.

Sundar mengatakan, ada 40 penyandang disabilitas netra dan 65 disabilitas mental yang kini mengikuti bimbingan pelatihan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo Kudus.

Kata dia, beberapa keterampilan seperti massage (pijat dan terapi), membuat keset, dan hanger sudah diberikan.

Dalam waktu dekat, Sundar bakal menyiapkan galery disabilitas dan lansia (Gadis Dansa) berbasis digital sebagai wadah pemasaran karya-karya disabilitas. 

Selain itu, lanjutnya, PPSDSN Pendowo bakal menghubungkan galery dengan beberapa aplikasi jual beli online, supaya karya-karya yang dihasilkan lebih dikenal masyarakat luas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved