Berita Sukoharjo

CCTV Intai Warga yang Buang Sampah Sembarangan di Desa Cemani Sukoharjo, Dipantau via Smartphone

Kecamatan Grogol termasuk penyumbang sampah terbesar di Kabupaten Sukoharjo.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Perangkat Desa Cemani memantau kondisi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di belakang pasar secara realtime melalui smartphone. 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Kecamatan Grogol termasuk penyumbang sampah terbesar di Kabupaten Sukoharjo. Tidak kecuali di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, suplai sampah dari desa itu cukup banyak, baik sampah rumah tangga maupun UMKM dan pasar. 

Maklum, desa pinggiran Sukoharjo itu berada dekat dengan perkotaan Solo dengan pemukiman padat dan pusat ekonomi yang bergeliat.  

Sebagian warga masih membuang sampah sembarangan sehingga menimbulkan masalah sosial dan lingkungan. 

Ini yang melatarbelakangi Pemerintah Desa Cemani membuat inovasi untuk mengatasi masalah sampah yang menumpuk tiap harinya. 

Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang berada di belakang pasar jadi solusi sementara untuk menampung sampah warga. Pemerintah menjadwal pembuangan sampah warga ke TPS agar tertib demi kenyamanan bersama. 

"Batas pembuangan sampah jam 2," kata Kades Cemani Hadi Indriyanto, Selasa (30/8/2022) 

Ternyata aturan itu kerap dilanggar sebagian warga. Mereka membuang sampah ke TPS di luar jadwal yang ditentukan. Pihaknya pun tak bisa mengawasi dan menegur mereka saat itu juga. 

Perangkat Desa Cemani memantau kondisi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di belakang pasar secara realtime melalui smartphone.
Perangkat Desa Cemani memantau kondisi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di belakang pasar secara realtime melalui smartphone. (Tribun Jateng/Khoirul muzaki)

Hingga pihaknya berinisiatif untuk memasang CCTV di TPS. Pihaknya memanfaatkan perangkat teknologi untuk mengawasi pergerakan warga yang membuang sampah secara liar. 

Bukan hanya CCTV, speaker juga dipasang di tempat itu. Jika ada warga yang membuang sampah di TPS di luar jadwal, pergerakannya akan terekam CCTV.  

Alarm peringatan akan berbunyi melalui pengeras suara saat ada mobilitas warga di sekitar TPS. Menariknya, aktivitas di TPS selalu bisa terpantau melalui smartphone pengelola atau perangkat desa terkait. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved