Berita Demak

Permasalahan Tahapan Pilkades di Wonokerto, PJ Sekda: Seharusnya Panitia Fair 

Pj Sekda Kab. Demak buka suara terkait polemik bakal calon yang gagal ikut Pilkades.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rezanda Akbar D
Pj Sekda Kabupaten Demak, Eko Pringgolaksito buka suara terkait Polemik bakal calon yang gagal mendaftar mengikuti Pilkades di Desa Wonokerto terkait permasalahan antara Juklak, Juknis dan Perda. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Pj Sekda Kabupaten Demak, Eko Pringgolaksito buka suara terkait polemik bakal calon yang gagal mendaftar mengikuti Pilkades di Desa Wonokerto terkait permasalahan antara Juklak, Juknis dan Perda.

Hal itu ia katakan pada Rabu 31 Agustus 2022 di Pendopo Bupati Demak, menurutnya permasalahan Juklak, Juknis dan Perda tidak ada permasalahan

"Kita di Kabupaten Demak mengawal 183 Desa, Alhamdulillah lancar-lancar saja hanya saja ini muncul di tingkat Wonokerto. Permasalahan ini kita kembalikan ke desa, penyelenggaraannya gimana?," katanya.

Apabila dirasa ada kekurangan, itu kembali lagi kepada keputusan ditingkat desa, apabila dirasa kurang seharusnya panitia sampaikan kepada bakal calon.

"Seharusnya, panitia fair kalau ada yang kurang diberitahukan kepada bakal calon. Pemeriksaan ini kan ada jeda waktunya, seharusnya bisa dikomunikasikan," urainya.

Dia menambahkan, seumpama ada pengaplikasian yang kurang, adalah kewajiban panitia mengingatkan atau menegur bakal calon terkait kelengkapan berkas.

Isi dari Juklak, Juknis petunjuk teknis Penyelenggaraan Pilkades 2022 tanggal 3 Juni, menyebut persyaratan calon terkait kesehatan hanya ada dua item.

Yakni surat keterangan berbadan sehat dari pemerintah dan surat keterangan bebas penyalah gunaan narkoba dan obat terlarang.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Panitia Pilkades Wonokerto, Saiful Imron mengklarifikasi adanya permasalahan ketidak lengkapan berkas Bakal Calon Kepala Desa.

"Disitu ada kekurangan berkas administrasi dari Siti Hany Aisyah, yakni terkait surah kesehatan jiwa dari dokter pemerintah," ucapnya di Balai Desa Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, Demak, Selasa 30 Agustus 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved