Berita Solo

Harga BBM Tak Jadi Naik, Polresta Solo Antisipasi Distribusi Ilegal dan Panic Buying

Harga BBM subsidi di Kota Solo per 1 September 2022 masih menerapkan harga lama.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Harga BBM subsidi di Kota Solo per 1 September 2022 masih menerapkan harga lama.

Yakni, Pertalite masih dijual di harga Rp 7.650 per liter, Pertamax di harga Rp 12.500 per liter dan Solar di harga Rp 5.150 per liter.

Pemerintah sebelumnya merencanakan harga baru BBM bersubsidi yakni Pertalite akan dijual dengan harga Rp 10.000 per liter, Pertamax Rp 16.000 per liter dan Solar Rp 7.200 per liter.

Namun demikian, belum diketahui secara pasti kapan harga baru BBM akan mulai diterapkan. 

Guna mengantisipasi pendistribusian ilegal dan panic buying dalam transisi tersebut, Polresta Solo meningkatkan pengawasan di seluruh SPBU di Kota Solo.

Wakapolresta Solo, AKBP Gatot Yulianto saat melakukan pengecekan di SPBU Manahan Solo, Kamis (1/9/2022).
Wakapolresta Solo, AKBP Gatot Yulianto saat melakukan pengecekan di SPBU Manahan Solo, Kamis (1/9/2022). (Tribun Jateng/Muhammad Sholekan)

Pada Kamis, (1/9/2022) jajaran Polresta Solo dipimpin oleh Wakapolresta Solo, AKBP Gatot Yulianto melakukan pengecekan di sejumlah SPBU di Solo. 

Pengecekan dimulai dari SPBU Banyuanyar, dan dilanjutkan ke SPBU Manahan. Kegiatan tersebut terus berlanjut ke seluruh SPBU yang ada di Kota Solo. 

"Kami akan keliling ke seluruh SPBU untuk memastikan tidak ada penyimpangan yang dilakukan pembeli dan jumlah pengisian BBM dari truk tangki SPBU sesuai," ungkapnya.

Gatot mengatakan, sebanyak 2 personel Polresta Solo akan disiagakan di setiap SPBU hingga Pemerintah secara resmi mengumumkan penerapan harga baru. 

"Jangan sampai SPBU ini menaikkan harga sebelum ada perintah dari Pemerintah untuk menaikkan harga BBM," jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Gatot menegaskan bahwa sejauh ini belum terjadi antrian panjang dan penyimpangan baik yang dilakukan oleh pembeli atau pihak SPBU.

"Kami akan terus melakukan pengawasan sampai nanti diumumkannya harga BBM yang baru," tuturnya.

Sementara itu, Pengawas SPBU Manahan, Catur Husodo menyebut jika harga BBM non subsidi yakni Pertamina Dex dan Pertamax Turbo justru mengalami penurunan harga.

Harga Pertamina Dex yang sebelumnya dijual Rp 18.700 per liter menjadi Rp. 18.400 per liter. Sedangkan untuk Pertamax Turbo, dari Rp 17.900 menjadi Rp 15.400 per liter.

"Kalau untuk Pertalite, sama Bio Solarnya masih sama sampai hari ini," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved