Guru Berkarya

Belajar Menyenangkan dengan Flipped Classroom

Pembelajaran yang dirancang dengan baik, pasti akan memudahkan siswa dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
CHRISTY YOSHITA, S.Pd., Guru SDN 03 Beji, KecamatanTaman, Kabupaten Pemalang 

Oleh: CHRISTY YOSHITA, S.Pd., Guru SDN 03 Beji, KecamatanTaman, Kabupaten Pemalang

Guru merupakan perancang scenario pembelajaran di kelasnya.

Pembelajaran yang dirancang dengan baik, pasti akan memudahkan siswa dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Hal ini tidak terlepas dari bagaimana guru memilih model dan media pembelajaran yang tepat untuk menyelesaikan kompetensi tertentu.

Pada muatan pelajaran IPA, untuk materi cahaya, guru kelas empat SD Negeri 03 Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang memilih metode pembelajaran flipped classroom.

Model pembelajaran ini dipilih mengingat system pembelajaran yang masih berlaku di Kabupaten Pemalang adalah sistem pembelajaran tatap muka terbatas.

Menurut Johnson (2013), flipped classroom  merupakan model pembelajaran yang meminimalkan pengajaran langsung dari guru, tetapi memaksimalkan pengajaran tidak langsung dengan dukungan materi yang dapat diakses secara daring oleh siswa.

Model pembelajaran dengan menggunakan metode flipped classroom dilaksanakan dengan meminimalkan jumlah instruksi langsung oleh guru kepada siswanya dalam mengajarkan materi dan memaksimalkan waktu untuk berinteraksi satu sama lain dalam membahas permasalahan terkait.

Pembelajaran flipped classroom lebih menekankan pada pemanfaatan waktu di dalam maupun di luar kelas agar pembelajaran lebih bermutu sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

Pada pembelajaran flipped classroom pertama-tama, siswa mempelajari topik sendiri, dalam hal ini guru menggunakan video pembelajaran yang dibuat oleh guru atau bersama pendidik lain, guru tidak harus membuat video pembelajaran sendiri.

Kemudian di dalam kelas, siswa mencoba memecahkan masalah dan melakukan kerja praktik.

Pembelajaran flipped classroom bukan hanya belajar menggunakan video pembelajaran,  melainkan lebih menekankan tentang memanfaatkan waktu di kelas agar pembelajaran lebih bermutu dan bisa meningkatkan pengetahuan siswa.

Ada beberapa langkah pembelajaran dengan metode flipped classroom, antara lain : pertama persiapan. Kegiatan pembelajaran pada tahap ini: Pertama, sebelum tatap muka guru memberikan materi dalam bentuk video pembelajaran.

Kedua,  guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved