Berita Karanganyar

Tradisi Unik : Siswa SDN 1 Sewurejo Karanganyar Gelar Aksi Keramas Massal, Rencana Jadi Agenda Rutin

Siswa SDN 1 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar mengikuti keramas massal di sekolah pada Jumat (2/9/2022).

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Sejumlah siswa SDN 1 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar keramas di sekolah, Jumat (2/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Siswa SDN 1 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar mengikuti keramas massal di sekolah pada Jumat (2/9/2022).

Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan Gerakan Jumat Bersih. Ada sebanyak 84 siswa mulai dari kelas 1-6 yang mengikuti gerakan keramas massal tersebut.

Kepala SDN 1 Sewurejo, Sudarsi menyampaikan, murid putra mengikuti keramas massal di halaman sekolah. Sedangkan murid putri mengikuti keramas massal di kamar mandi. Kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi supaya para anak didik tidak terkena kutu rambut.

"Gerakan ini menindaklanjuti kejadian kemarin, soal kutu (rambut). Tadi ada kiriman dari bupati  paket sabun, sikat gigi dan sampo. Ada juga bantuan obat anti keramas dari pihak ketiga," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat siang.

Dia menuturkan, gerakan ini memang program baru dan direncanakan menjadi agenda rutin sekolah entah 1-2 bulan sekali, baik itu keramas, gosok gigi atau lainnya. Diharapkan kedepan para siswa bisa lebih meningkatkan soal kebersihan.

Di sisi lain, dia juga menekankan kepada para guru kelas supaya melaukan pendekatan terkait kesehatan anak kepada para orang tua siswa.

"Kebersihan anak setiap hari dicek, seperti kuku, cuci tangan. Kalau rambut kan susah mengeceknya ada kutu atau tidak," ucapnya.

Menurutnya kesehatan murid turut berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Dia mencontohkan, kalau kepala gatal dapat menggangu konsentrasi siswa. (Ais).

Baca juga: Belajar Menyenangkan dengan Flipped Classroom

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Cilacap Rabu 1 September 2022, Waspadai Hujan Di Pagi Hari

Baca juga: MAN Insan Cendekia Pekalongan Peringkat 4 Sekolah Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK

Baca juga: Jadwal Bioskop Pati Hari Ini, Jumat 2 September 2022

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved