Berita Pati

Targetkan Penurunan Angka Stunting, Pj Ketua PKK Pati Faiza Henggar Fokus Pemenuhan Gizi Seimbang

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pati, Faiza Henggar Budi Anggoro,

Prokompim Setda Kabupaten Pati 
Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pati, Faiza Henggar Budi Anggoro, berinteraksi dengan baduta di Desa Jepalo Kecamatan Gunungwungkal, Sabtu (3/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pati, Faiza Henggar Budi Anggoro, melakukan kunjungan lapangan dalam rangka audit perkembangan anak usia di bawah dua tahun (BADUTA) serta ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK).

Dalam kunjungannya di Desa Jepalo Kecamatan Gunungwungkal, Sabtu (3/9/2022) tersebut, Faiza Henggar menargetkan angka penurunan stunting dengan cara pemenuhan gizi seimbang serta pendampingan dari tenaga kesehatan yang ada. 

Menurut Faiza, sesuai data di Provinsi Jateng jumlah angka stunting di Desa Jepalo masih tergolong tinggi. Ia menjelaskan bahwa stunting itu bukan sekedar kondisi tubuh yang terlihat pendek seperti balita dan baduta, akan tetapi ada hal-hal lain yang dapat mempengaruhi masa pertumbuhan seseorang.

“Jadi kita bisa intervensi. Intervensi kita ada intervensi sensitif dan spesifik. Kalau spesifik ini kan mudah terjadi. Tetapi kalau yang sensitif itu ternyata menurut penelitian itu di angka 70 persen yang mempengaruhi stunting nggih,“ papar Faiza Henggar sesuai rilis Prokompim Setda Kabupaten Pati.

Lebih lanjut Faiza menegaskan bahwa kondisi stunting ini terjadi bukan hanya kurangnya asupan gizi yang ada, akan tetapi penyebabnya juga lebih kepada ke hulunya. 

“Jadi untuk angka prevalensi stunting itu untuk di Kabupaten Pati harapan kami ya realistis nggih. Karena Pemerintah Pusat menggunakan angka SSGI ( Survei Status Gizi Indonesia ) angka SSGI di Kabupaten Pati itu di angka 20 % nggih, tapi di e-PPGBM ( elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat ) itu berada di angka 5,28 %,” paparnya.

Faiza mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama menuntaskan angka stunting di Kabupaten Pati, terutama di Kecamatan Gunungwungkal.

Usai berikan pemaparan, Faiza Henggar bersama rombongan dari Dinas Sosial P3AKB, Dinas Kesehatan, Bappeda Kabupaten Pati, dokter serta bidan pendamping desa dan juga kader PKK langsung menuju ke sasaran yang telah ditetapkan. Di Desa Jepalo, Pj Ketua TP PKK Kabupaten mengunjungi dua dusun sasaran penanganan stunting dan memantau kondisi ibu hamil KEK dengan membonceng sepeda motor.

Di Dusun Sampit, Faiza Henggar berinteraksi dengan baduta dengan cara menggendong serta mengajaknya bermain. 

Didampingi dokter Joko, Ia berharap dokter serta bidan pendamping selalu aktif melakukan pemantauan baduta tersebut. 

Dengan harapan nantinya dapat mengalami peningkatan berat badan maupun pertumbuhan yang semakin baik. (*)

Baca juga: UPDATE : Ringkus Dua Pengedar di Jalan Basudewo Semarang, Polisi Sita 20 Gram Sabu

Baca juga: Ucup Ojol Semarang akan Kurangi Rokok dan Kopi Imbas Harga Pertalite Naik

Baca juga: Komentar Wahyu Tri Usai Berlaga Melawan Mantan Klubnya Persis Solo

Baca juga: Pikap Remuk Setelah Tabrakan dengan Truk Tronton, Sopir Tewas

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved