Berita Sragen

Temukan Keanggotaan Ganda Parpol, KPU Sragen Minta Parpol Klarifikasi

KPU Sragen dapati ganda eksternal di dalam pelaksanaan pendaftaran penetapan parpol.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Istimewa/KPU Sragen
Rapat koordinasi perubahan pedoman baru dalam tahapan verifikasi administrasi parpol peserta pemilu di hotel front one, Sragen, Jumat (2/9/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen mendapati ganda eksternal di dalam pelaksanaan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (parpol) peserta pemilu 2024.

Ganda eksternal ialah keanggotaan ganda dalam keorganisasian dalam hal ini menjadi anggota parpol dalam peserta pemilu 2024.

Hal tersebut terungkap ketika rapat koordinasi perubahan pedoman teknis bagi parpol calon peserta pemilu di hotel front one Sragen, Jumat (2/9/2022).

"Ada ganda eksternal dalam tahapan pendaftaran, maksudnya masyarakat memiliki dua keanggotaan partai politik dengan sama-sama memiliki kartu anggota," kata Ketua KPU Sragen, Minarso kepada Tribunjateng.com.

Rapat koordinasi perubahan pedoman baru dalam tahapan verifikasi administrasi parpol peserta pemilu di hotel front one, Sragen, Jumat (2/9/2022).
Rapat koordinasi perubahan pedoman baru dalam tahapan verifikasi administrasi parpol peserta pemilu di hotel front one, Sragen, Jumat (2/9/2022). (Istimewa/KPU Sragen)

Atas temuan tersebut, Minarso meminta kepada para partai politik yang bersangkutan agar melakukan klarifikasi ke KPU pada besok (3/9/2022) pukul 23.59 WIB.

"Jika ditunggu sampai (3/9/2022) pukul 23:59 misal, parpol PAN telah membuat surat pernyataan sementara partai Golkar tidak membuat pernyataan berarti masyarakat itu sah menjadi keanggotaan PAN, begitupun sebaliknya," terang Minarso.

Namun, apabila kedua parpol yang bersangkutan sama-sama membuat surat pernyataan, masyarakat yang memiliki dua keanggotaan tersebut harus dihadirkan ke KPU untuk mengklarifikasi keanggotaannya pada (4-5/9/2022).

Terkait jumlah masyarakat yang ganda eksternal, Minarso menyebut hal tersebut merupakan wewenang KPU RI.

Partai bekerja melalui sistem informasi partai politik (sipol), sementara KPU meneliti melalui sipol. Minarso melanjutkan pihaknya hanya laporan ke KPU RI sementara parpol ke DPP masing-masing.

"Itu lahan pekerjaan KPU RI ya, KPU kabupaten tidak punya wewenang mengumumkan para anggota yang parpol, baik yang sudah memenuhi syarat maupun belum," katanya.

Minarso menambahkan ganda eksternal ini bisa dialami seluruh masyarakat. Dirinya meminta masyarakat agar mengecek melalui laman sipol KPU Terkait keanggotaannya.

"Ini berlaku untuk semua masyarakat, kalau dia dimasukkan tetapi dia terima ya silakan nggak apa-apa. Tetapi kalau dia dimasukkan ternyata tidak terima ada mekanisme yaitu dengan mengisi form keberatan yang disediakan oleh KPU," kata Minarso.

Masyarakat yang bersangkutan bisa mengisi sendiri form tersebut, namun jika tidak bisa KPU Sragen bisa memfasilitasi mengadu ke KPU RI. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved