Berita Semarang

Dua Inovasi Kurangi Angka Pengangguran di Kota Semarang, Siker dan ATM Pencari Kerja Diluncurkan

Melalui SIKER, masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi lowongan kerja, melainkan juga dapat langsung mengirimkan lamaran pekerjaan secara daring.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG / EKA YULIANTI FAJLIN
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terus berinovasi untuk membangkitkan kondisi wilayah yang dipimpinnya pasca pandemi Covid-19.

Salah satunya yaitu terkait angka pengangguran yang coba ditekan dengan meluncurkan sistem informasi bagi pencari kerja bernama SIKER.

Menariknya melalui SIKER, masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi tentang lowongan kerja, melainkan juga dapat langsung mengirimkan lamaran pekerjaan secara daring.

Baca juga: Air Supply Bakal Konser di Semarang, Ini Harga Tiketnya

Disebutkan Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu, masyarakat umum bisa langsung mengakses sistem informasi tersebut melalui alamat portal siker.semarangkota.go.id.

"Portal tersebut dirancang untuk dapat menjadi penghubung antara Disnaker Kota Semarang, perusahaan yang membuka lowongan, dan sedulur - sedulur yang mencari kerja," terangnya kepada Tribunjateng.com, Senin (5/9/2022).

Selain SIKER, Wali Kota Semarang juga menuturkan jajarannya di Disnaker Kota Semarang juga sedang menyiapkan ATM Pencari Kerja.

ATM tersebut disiapkan bagi para pencari kerja yang tidak memiliki perangkat untuk mengakses sistem informasi SIKER

"Dengan adanya Anjungan Tunai Kerja Mandiri itu masyarakat tidak dibatasi oleh jam pelayanan petugas."

"Sabtu dan Minggu pun jika ingin mengurus kartu kuning pencari kerja bisa melalui ATM tersebut."

"Termasuk sistem informasi SIKER juga bisa diakses di situ," terang Hendi.

"Untuk saat ini ATM tersebut memang masih di kantor Disnaker Kota Semarang, tapi bila responnya bagus untuk akan dikembangkan lagi," pungkasnya.

Baca juga: Terungkap Diduga Ini Penyebab Iwan PNS Kota Semarang Menghilang Tak Tahu Rimbanya

Baca juga: Dua Kenangan Kisah Iptu Ari Parwanto Jabat Kapolsek Bandungan, Kini Jadi KBO Samapta Polres Semarang

Kepala Disnaker Kota Semarang, Sutrisno menjelaskan, baik SIKER maupun ATM Pencari Kerja merupakan bagian dari program APIK KERJAKU (Aplikasi Sistem Informasi Kerja Terbuka dan Terpadu).

"Jadi program ini didorong agar masyarakat lebih cepat dalam mendapatkan pelayanan ketenagakerjaan di Kota Semarang, termasuk terkait informasi lain," papar Sutrisno.

Lebih lanjut, melalui SIKER dan ATM Pencari Kerja, Pemkot Semarang juga mendorong adanya keterbukaan publik dalam kaitan sistem ketenagakerjaan di ibu kota Jawa Tengah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved