Pertamina cilacap

PT KPI RU IV Cilacap Sukses Lifting Perdana SF-04, Begini Profil Produknya

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses melakukan lifting perdana produk Smooth Fluid- 04 (SF-04).

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
PT KPI RU IV Cilacap Sukses Lifting Perdana SF-04, Begini Profil Produknya 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP, (31/08/22) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses melakukan lifting perdana produk Smooth Fluid- 04 (SF-04).

Sebanyak 136 ton produk base oi_ ini diangkut dengan 6 armada tanki dari area Oil Movement - Non Bahan Bakar Minyak (OM-NBBM) RU IV menuju PT Elnusa Petrofin, Jakarta sebagai penerima, pada Rabu (31/8/2022).

PT KPI RU IV Cilacap Sukses Lifting Perdana SF-04, Begini Profil Produknya
PT KPI RU IV Cilacap Sukses Lifting Perdana SF-04, Begini Profil Produknya (IST)

Simbolis lifting perdana SF-04 ini disaksikan oleh VP Process & Facility PT KPI, Arief Budiyanto; GM PT KPI RU IV Cilacap, Edy Januari Utama bersama Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM), Didik Subagyo beserta tim manajemen, Commercial & Trading, dan Sub Holding Refining & Petrochemical PT KPI di Gedung Patra Graha Cilacap.

Acara diikuti pula secara daring oleh Perwira-Pertiwi RU IV.

Arief Budiyanto menjelaskan SF-04 adalah produk base oil dengan spesifikasi dan kegunaan khusus sebagai penunjang kegiatan pengeboran sumur minyak.

“Produk ini memiliki komposisi sulfur rendah sehingga dapat mengurangi potensi korosifitas pada peralatan yang digunakan,” ujarnya.

Diproduksi di HTU - 260 Lube Oil Complex (LOC) III RU IV, produk ini telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

"SF-04 diproduksi untuk meningkatkan fleksibilitas dari unit produksi existing di RU IV melalui kerjasama berbagai entitas di Pertamina.

Hal ini juga membuktikan adanya inovasi dan kerjasama yang baik di antara Perwira dan Pertiwi Pertamina serta implementasi tata nilai AKHLAK BUMN, yaitu kolaboratif, " lanjut Arief.

Dengan mengolah feed berupa Heavy Gas Oil (HGO) dari kilang Fuel Oil Complex (FOC) I, imbuh Arief, SF-04 sukses menjalani serangkaian uji coba sejak 2015 dan berhasil dinyatakan on spec pada September 2020.

“Setelah lolos tes laboratorium, selanjutnya SF-04 resmi diproduksi pada 1 Januari 2022,” kata Arief.

Lebih lanjut, SF-04 memiliki banyak keunggulan diantaranya dapat diaplikasikan pada pengeboran dengan kondisi tekanan dan temperatur tinggi, memiliki thermal stability yang baik, kandungan sulfur rendah dan ramah lingkungan.

"Sukses ini diharapkan memacu semangat Perwira Pertamina untuk terus menghasilkan inovasi baru di masa depan guna mendukung visi dan misi PT KPI RU IV, menjadi kilang minyak dan petrokimia berkelas dunia pada 2028," kata Arief.

Ditambahkan Arief, pencapaian ini menjadi legacy bagi PT KPI tentang komitmen & semangat untuk terus melakukan terobosan dengan menghasilkan produk-produk terbaik yang mendukung target perusahaan.

“Tantangan ke depan tentu semakin kompleks. Maka inovasi wajib dilakukan untuk memastikan dan membuktikan kehadiran PT KPI bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved