Berita Sragen

Baznas Sragen Salurkan Bantuan Beasiswa Total Rp 500 Juta ke 800 Anak

Baznas Sragen salurkan beasiswa kepada 800 anak dari tingkat SD, SMP, SMA hingga PT.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Istimewa
Wakil Bupati Sragen, Suroto ketika menyerahkan bantuan beasiswa ke perwakilan siswa SMP di aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sragen salurkan beasiswa kepada 800 anak dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi (PT) dengan total Rp 500 juta.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sragen, Suroto, Ketua Baznas Sragen, Mustaqim kepada perwakilan penerima beasiswa di aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (6/9/2022).

"Alhamdulillah hari ini kami pentasharufan beasiswa kepada seluruh tingkatan baik SD hingga perguruan tinggi dengan total bantuan Rp 500 juta untuk 800 anak," kata Ketua Baznas, Mustaqim.

Mustaqim melanjutkan, sebelumnya pihaknya telah mentasharufkan beasiswa ke anak-anak perguruan tinggi sebesar Rp 180 juta, beasiswa MI, Mts, MA sebesar Rp 67.500.000 dan beasiswa SMA sebesar Rp 15 juta.

Wakil Bupati Sragen, Suroto ketika menyerahkan bantuan beasiswa ke perwakilan siswa SMP di aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (6/9/2022).
Wakil Bupati Sragen, Suroto ketika menyerahkan bantuan beasiswa ke perwakilan siswa SMP di aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (6/9/2022). (Istimewa)

Pada kesempatan itu, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada kepada Bupati Sragen, atas dukungannya kepada Baznas untuk optimalisasi pengumpulan Zakat Infa dan Sedekah (ZIS) ASN dan pegawai BUMD sehingga kemanfaaatan dana ZIS dapat maksimal. 

Dia mengatakan pengumpulan ZIS sampai dengan 31 Agustus telah mencapai Rp 7,7 miliar dan pentasharufannya Rp 5,5 milyar dengan jumlah mustahik yang telah dibantu mencapai 14.379 orang.

"Kami sampaikan terimakasih atas dukungan dan doa semua pihak bahwa Baznas Sragen telah meraih WTP untuk ke tiga kalinya dalam audit keuangan serta empat kali ISO 9001:2015," lanjut Mustaqim.

Sementara itu, Wakil Bupati Sragen, Suroto berterima kasih kepada Baznas yang telah menjadikan potensi dana zakat menjadi program-program yang kreatif sehingga kemanfaatannya menjadi optimal.

Kepada penerima beasiswa, dirinya berharap untuk dapat terus semangat mewujudkan cita-citanya. Adanya program beasiswa ini diharapkan pemerataan kesejahteraan dan memberikan keberkahan bagi yang menjalankan. 

Suroto juga mengingatkan kepada SKPD yang yang jumlah realisasi pengumpulan zakatnya masih jauh dari potensi dan belum melaksanakan pembayaran zakat melalui Baznas agar segera melaksanakan.

"Saya harapkan dana zakat dan infaq yang dihimpun melalui Baznas dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu kemaslahatan umat di Kabupaten Sragen yang sedang membutuhkan."

"Melalui program-program pengentasan kemiskinan serta santunan langsung yang di kolaborasikan dengan Pemda agar kemanfaatan dana zakat ataupun infaq dapat menimbulkan multiplayer effect," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved