Berita Kudus

Hartopo Nonaktifkan ASN Kudus Yang Terlibat Penimbunan Solar Subsidi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menonaktifkan oknum ASN Abdul Wahab (42), yang menjadi tersangka penyalahgunaan solar subsidi

Penulis: raka f pujangga | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Raka F Pujangga
Lokasi gudang penyimpanan solar subsidi di Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. ? 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menonaktifkan oknum aparatur sipil negara (ASN) Abdul Wahab (42), yang menjadi tersangka penyalahgunaan solar subsidi.

Bupati Kudus, HM Hartopo menyerahkan proses hukum kepada Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah yang mengungkap kasus tersebut.

"Kita serahkan proses hukum kepada kepolisian. Setelah jadi tersangka juga yang bersangkutan sudah dinonaktifkan," ujar dia, saat ditemui di Pendopo Bupati Kudus, Selasa (6/9/2022).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS maka Abdul Wahab akan diberhentikan sementara sampai putusan di pengadilan inkrah.

Baca juga: Baim Wong Jadi Trending Twitter Seusai Buat Konten Bareng Guru dan Murid Viral di Karanganyar

Baca juga: Orator Demo Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM: Kita Nyari Puan Maharani yang Dulu Nangis-nangis

Bila pengadilan memutuskan sampai lima tahun kurungan penjara maka bisa dipastikan akan dipecat dari statusnya sebagai ASN.

"Sanksi paling berat ancaman hukumannya dipecat kalau diputus sampai lima tahun penjara," kata dia. 

‎Hartopo mengingatkan kepada ASN agar dapat menjaga sikap dan perilakunya supaya tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum.

"‎Dari awal kedisipinan itu perlu, dan kami sudah selalu mengingatkan kepada pegawai ASN. Tapi masih saja ada yang berkeliaran," kata dia. 

‎Diketahui kepolisian telah meringkus pelaku penyalahgunaan BBM subsidi jenis solar sekitar pukul 20.00 pada Kamis (18/8/2022) yang disimpan di sebuah gudang di Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

Dari lokasi, polisi telah berhasil mengamankan barang bukti berupa solar subsidi sebanyak 12 ton. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved