Berita Sukoharjo

Lantik 150 Pejabat Fungsional, Bupati Sukoharjo Etik Suryani Berharap Profesional

150 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkab Sukoharjo telah dilantik oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
Istimewa
150 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkab Sukoharjo telah dilantik oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - 150 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkab Sukoharjo telah dilantik oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Senin (5/9/2022). 

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani berharap pejabat terlantik termotivasi untuk senantiasa bekerja dan mengabdikan diri sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bupati mengatakan, kedudukan jabatan fungsional adalah kelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu. 

Posisi dan peran jabatan fungsional strategis untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi pada instansi pemerintah, pelayanan masyarakat dan pembangunan nasional.

“Sesuai Peraturan Menteri PANRB, kriteria penetapan jabatan fungsional adalah fungsi dan tugasnya berkaitan dengan pelaksanaan tugas instansi pemerintah,” ujarnya, Selasa (6/9/2022) 

Pejabat fungsional mensyaratkan keahlian atau keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikat atau penilaian tertentu. 

Ini dapat disusun dalam suatu jenjang jabatan berdasarkan tingkat kesulitan dan kompetensi. 

Pelaksanaan tugas bersifat mandiri dalam menjalankan tugas profesinya. Kegiatan dapat diukur dengan satuan nilai atau akumulasi nilai dari butir kegiatan dalam bentuk angka kredit.

“Saya harap dengan pelantikan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan dapat berkontribusi secara maksimal di lingkungan kerja masing-masing,” ujar Bupati.

Khusus pejabat fungsional guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bupati berpesan ke mereka agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran, melaksanakan penataan kerja dan tanggungjawab bagi warga sekolah berbasis kinerja. 

Guru juga dituntut menciptakan suasana yang kompetitif bagi siswa, menciptakan rasa aman dan nyaman dalam belajar serta melaksanakan delapan standar pendidikan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Sumini menyampaikan, sebagian besar pegawai fungsional merupakan PNS baru yang dalam lamarannya untuk posisi fungsional saat rekrutmen.

Menurutnya, sesuai aturan, untuk dilantik menjadi pejabat fungsional, yang bersangkutan harus sudah berstatus PNS. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved