Berita Karanganyar

Pertamax Naik, Pemkab Karanganyar Lakukan Efisiensi BBM Kendaraan Dinas

Pemkab Karanganyar lakukan efisiensi BBM untuk kendaraan dinas seiring kenaikan BBM.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Mobil dinas melintas di Kantor Bupati Karanganyar, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melakukan efisiensi BBM untuk kendaraan dinas seiring kenaikan BBM jenis pertamax.

Seperti diketahui bersama, pemerintah pusat telah menaikan BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar mulai Sabtu (3/9/2022) pekan lalu. Selain BBM bersubsidi, pemerintah juga menaikan harga pertamax dari semula Rp 12,5 ribu per liter menjadi Rp 14,5 ribu per liter.

Kabag Umum Setda Karanganyar, Miko Aditya menyampaikan, alokasi anggaran untuk belanja BBM kendaraan dinas di lingkungan Setda Karanganyar pada APBD penetapan 2022 senilai Rp 360 juta. Kendaraan dinas pejabat eselon II mendapatkan jatah pertamax 9 liter per hari, Kabag mendapatkan jatah 7 liter per hari dan Kasubag mendapatkan jatah 2 liter per hari.

"Penetapan tahun ini Rp 360 juta (belanja BBM kendaraan dinas), itu dengan indeks pertamax Rp 10 ribu per liter. Setelah itu di pertengahan jalan naik menjadi Rp 12,5 ribu per liter. Kita sesuaikan dengan indeks yang baru, pada perubahan (APBD 2022) ini minta tambahan Rp 50 juta. Ternyata indeksnya naik lagi menjadi Rp 14,5 ribu per liter," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (5/9/2022).

Pihaknya tidak bisa mengajukan perubahan kembali dengan adanya kenaikan harga pertamax yang mulai berlaku mulai pekan lalu. Pasalnya anggaran APBD perubahan sudah ditetapkan. Menurutnya dengan kondisi tersebut perlu dilakukan efisiensi pemakaian kendaraan dinas.

"Efisiensi bisa dilakukan dengan mengurangi aktivitas tidak penting. Seandainya melebihi, ya kita tombok pakai uang pribadi. Mengurangi mobilitas," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved