Berita Jepara

Sejumlah Parpol Datangi KPU Jepara: Klarifikasi Kegandaan Anggota

Proses verifikasi terhadap anggota parpol yang belum jelas telah berlangsung.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
TRIBUNMURIA/YUNANSETIAWAN
Sejumlah anggota KPU Jepara memproses verifikasi keanggotan partai politik, Senin, 5 September 2022. 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Proses verifikasi terhadap anggota partai politik yang belum jelas keanggotaanya telah berlangsung.

KPU Kabupaten Jepara melakukan klarifikasi kepada anggota parpol yang belum dapat dipastikan keanggotaannya karena kegandaan eksternal, pekerjaan, dan usia. 

KPU mengklarifikasi setelah  memverifikasi surat pernyataan yang diunggah parpol melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). 

KPU Jepara telah memberitahu perihal klarifikasi itu ke beberapa parpol yang bersangkutan. 

Salah seorang  Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun pihaknya melayani proses klarifikasi itu sampai dengan Senin, 5 September 2022 hingga pukul 23.59. 

“KPU menyampaikan surat pemberitahuan kepada 13 parpol terkait klarifikasi ini. Parpol menghadirkan anggota yang belum dapat ditentukan status keanggotaannya itu ke kantor KPU,” kata dia kepada tribunmuria.com.

Beberapa parpol yang sudah melakukan proses klarifikasi keanggotaan hingga saat ini, kata dia, adalah Partai NasDem, Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa. 

Parpol lain yang juga akan melakukan hal serupa dan telah menginformasikan ke KPU Jepara adalah Partai Demokrat. 

Muhammadun membeberkan, klarifikasi yang dilakukan parpol tersebut adalah terkait ganda eksternal, dimana seseorang dengan identitas yang sama dalam Sipol, terdata di lebih dari satu parpol.

“Jika situasinya seperti ini, KPU perlu mengklarifikasi karena status keanggotaannya belum dapat ditentukan, sampai benar-benar bisa jelas statusnya,” imbuh Muhammadun. 
  
Muhammadun menjelaskan, klarifikasi terhadap keanggotaan parpol yang belum dapat ditentukan statusnya itu diatur dalam Pasal 39 Ayat 1 Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum DPR dan DPRD. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved