Berita Jepara

127.703  Warga Jepara Terima BLT BBM, Penyaluran Bantuan Mulai Hari Ini

Sebanyak 127.703 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di Kabupaten Jepara akan menerima Bantuan Langsung Tunasi (BLT) BBM

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Muhammad Yunan Setiawan
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Kantor Pos, Jepara beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Sebanyak 127.703 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di Kabupaten Jepara akan menerima Bantuan Langsung Tunasi (BLT) BBM.

Bantuan tersebut akan disalurkan dalam dua kuli. 

Penyaluran pertama akan dilaksanakan bulan ini. Penyaluran kedua dilaksanakan Desember. Bantuan ini berasal dari Kementerian Sosial.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menambahkan, pihaknya juga akan memberikan bantuan sebanyak Rp 5 Miliar.

Dana itu diambil dari Dana Transfer Umum (DTU) yang belum digunakan. Saat ini pihaknya sedang membahas bagaimana skema pemberiannya. 

Ada dua opsi pemberian bantuan ini, yakni berupa bantuan langsung atau bantuan logistik.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Edy Marwoto, menjelaskan penerima BLT BBM itu masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Mereka yang akan menerima BLT BBM sebelumnya telah terdaftar sebagai KPM Program Keluarga Harapan (PKH). Serta mereka yang sudah sebelumnya terdaftar KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pada hari ini, kata dia, penyandang disabilitas mulai menerima BLT BBM. Sementara untuk masyarakat umum, akan menerima BLT BBM besok. 

Penyaluran bantuan ini melalui PT Pos Indonesia. Pihak Pos bisa menyalurkan langsung ke rumah penerima, kantor balaidesa, atau kantor kecamatan. 

Hari ini dijadwalkan pihak Pos Indonesia menyalurkan langsung bantuan ini ke rumah penyandang disabilitas yang menerima BLT BBM

Besok dan sepuluh hari ke depan penyaluran BLT BBM akan disalurkan PT Pos di kantor balaidesa KPM.

“Untuk KPM BPNT, besok pagi akan menerima bantuan tunai sebesar Rp 500 ribu. Rinciannya, Rp 300 ribu BLT BBM, dan Rp 200 ribu dari BPNT bulan September,” kata Edy Marwoto kepada tribunmuria.com, Rabu, 7 September 2022.

Menurut Edy, data jumlah BLT BBM belum permanen. Data  penerima BLT BBM bisa bertambah atau berkurang, karena seringkali data ini dinamis. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved