Berita Jepara

KPK Pantau Pengelolaan Aset Pemkab Jepara

Komisi Pemberantasan Korupsi akan mengawal dan memantau pengelolaan aset di Jepara.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengawal dan memantau pengelolaan aset di Kabupaten Jepara.

Saat ini setidaknya ada tiga aset milik Pemerintah Kabupaten Jepara. Tiga aset itu terdiri Stadion Kamal Djunaidi, area Pertokoan di Jobokuto, dan tanah di area objek vital PLTU.

Aset di PLTU itu kini diakui oleh salah seorang warga setempat. Pemkab Jepara kini berusaha menyelesaikan masalah aset yang terletak di Desa Tubanan, Kecamatan Kembang itu.

KPK dan Forkompimda Jepara meninjau langsung kondisi fisik tiga aset tersebut

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Kepedutian Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Uding Jauharuding,  mengatakan pihaknya secara khusus datang ke Kabupaten Jepara untuk melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah. 

Kedatangannya itu untuk menyampaikan bagaimana mengelola tata pemerintahan yang akuntanbel, transparansi, dan bebas korupsi.

Ihwal aset daerah yang bermasalah, dia menyampaikan pihaknya melakukan pendampingan. Pihaknya akan melakukan identitifikasi, karena bukan tidak mungkin setelah diidentifikasi ada temuan masalah-masalah lain. 

Untuk masalah seperti ini, kata dia, Pemkab Jepara harus mengamankan dulu aset-aset miliknya.

Pemkab Jepara harus menguasai aset secara legal formal. Artinya, Pemkab Jepara memiliki sertifikat aset dan sertifikat itu atas nama Pemkab Jepara. Dia mendorong Pemkab Jepara menyertifikasi asetnya. 

Uding jmengapresiasi ATR/BPN Jepara telah menyelesaikan 1.186 sertifikat aset Pemkab Jepara. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved