PT Semen Gresik

UMKM Gunung Kendil Binaan Rumah BUMN Rembang Sukses Go Global di Festival Tong Tong Belanda

Wien bercerita, nama Gunung Kendil, sebenarnya nama sebuah pedukuhan di Kelurahan Leteh, Rembang, yang menjadi rumah produksi.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Staf khusus 3 Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, mengenakan outer dari Brand Gunung Kendil, sekaligus memamerkannya di Festival Tong Tong Fair. 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG, 08 September 2022 - Pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Rembang PT Semen Gresik (PTSG), Hawien Wilopo dengan brand Gunung Kendil yang memproduksi fashion ready to wear berbahan batik tulis, sukses go global dalam Tong Tong Fair atau Festival Tong Tong di Den Haag Belanda, 1 – 11 September 2022.

Dalam pameran tertua di Negeri Kincir Angin itu, fashion Gunung Kendil rancangan Hawien Wilopo laku terjual.

‘’Kami bersyukur, produk kami diminati pengunjung mancanegara.

Kami menganggap Festival Tong Tong menjadi sarana UMKM di Rembang untuk go global.

Ini pula yang menjadi penanda, bahwa produk nusantara khususnya Rembang tak kalah dengan negara lain,’’ kata Wien, sapaan akrab Hawien.

Wien bercerita, nama Gunung Kendil, sebenarnya nama sebuah pedukuhan di Kelurahan Leteh, Rembang, yang menjadi rumah produksi.

Gunung dimaknai Besar dan Tinggi, sedangkan Kendil bermakna wadah tembikar/gerabah untuk tempat apapun seperti , sayur sebagai simbol rezeki.

‘’Kendil dengan mulut yang kecil namun memiliki wadah yang besar sehingga mampu menampung rezeki yang banyak.

Filosofinya, rezeki yang masuk selalu bertambah mengiringi ekonomi yang membesar laksana gunung,’’ tambahnya.

Brand Gunung Kendil, salah satu UMKM Binaan RB Rembang PTSG sukses berpameran di Festival Tong Tong Fair, di Den Haag, Belanda.
Brand Gunung Kendil, salah satu UMKM Binaan RB Rembang PTSG sukses berpameran di Festival Tong Tong Fair, di Den Haag, Belanda. (Istimewa)

Lanjut dia, UMKM ini berdiri sejak tahun 2010 berawal dari mendesain motif hingga akhirnya memproduksi kain batik tahun 2012 dan sejak 2014 memproduksi fashion ready to wearberbahan batik tulis.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved