Berita Karanganyar

Ibu Rumah Tangga di Desa Jatisuko Karanganyar Dapat Pelatihan Pembuatan Souvenir dari Barang Bekas

Sebanyak 20 ibu rumah tangga ikuti pelatihan bikin souvenir dari bahan barang bekas.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Pelatihan pengelolaan sampah desa di Balai Desa Jatisuko Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 20 ibu rumah tangga mengikuti pelatihan pembuatan souvenir dari bahan barang bekas di Balai Desa Jatisuko Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar, Kamis (8/9/2022).

Kades Jatisuko, Sugeng Riyanto menyampaikan, pelatihan tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

"Di Desa Jatisuko banyak sampah, salah satunya sabut kelapa yang selama ini belum dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com.

Dia menuturkan, di kawasan wisata banyak ditemukan souvenir berbahan sabut kelapa. Oleh karena itu pihaknya berupaya mengaplikasikannya dalam bentuk program pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat. Para peserta pelatihan nantinya juga didampingi tidak hanya cara pembuatan tapi juga dalam hal pemasaran.

"(sabut) kita buat menjadi souvenir, gantungan kunci," ucapnya.

Sebelumnya masyarakat telah mendapatkan pelatihan menjahit dan rencananya akan digelar pelatihan budidaya lele pada pekan depan. Dia menjelaskan, Pemdes selalu menganggarkan dana untuk program pelatihan setiap tahunnya dalam rangka pemberdayaan masyarakat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved