Berita Kudus

Umku ‎Gelar Masa Ta'aruf Bagi 1.318 Mahasiswa‎

Forum Masyarakat Gedongan Bersatu (FMGB) kembali menggelar audiensi dengan Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Podang II Kantor Setda Karanganyar

Penulis: raka f pujangga | Editor: Catur waskito Edy
dok Umku Kudus
?Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku)  Dr. Rusnoto, yang dilaksanakan secara luring, pada hari Kamis-Jumat (8-9/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) menggelar Masa Ta'aruf (Masta) yang dilaksanakan secara luring, pada hari Kamis-Jumat (8-9/9/2022).

Masta merupakan masa akhir dari masa orientasi mahasiswa baru atau dikenal Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Menurut Koordinator PKKMB 2022-2023, Nor Azizah,‎ menjelaskan PKKMB adalah kegiatan formal pengenalan kehidupan kampus yang dilakukan secara umum untuk mulai mengenal gambaran kehidupan kampus dan juga teman-teman baru.

Sedangkan Masta lebih bersifat pemberian materi kepada mahasiswa baru terkait motivasi dan kerohanian Islam.

PKKMB dan Masta merupakan tradisi di Umku yang dilaksanakan dengan prinsip harmonis, menyenangkan dan mencerdaskan. 

PKKMB dilaksanakan tiga hari dan setelah itu dilanjutkan dengan Masta yang berlangsung selama dua hari.

"Tujuannya agar tercipta akselerasi dan adaptasi bagi mahasiswa baru dengan kehidupan di Perguruan Tinggi, Pendidikan Karakter, memperluas jejaring pertemanan dan relasi, serta meningkatkan kesadaran kehidupan berbangsa, bernegara dan pentingnya pendidikan," ujar Azizah yang juga Staf Humas Umku, Jumat (9/9/2022).

Masa orientasi berlangsung dari tanggal (4/9) hingga (9/9) tersebut diikuti 1.318 mahasiswa baru yang dilakukan secara bertahap. 

Mereka berasal dari 11 fakultas yakni Fakultas Keperawatan, Fakultas Kebidanan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan, Fakultas Gizi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Komputer, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA serta 21 Program studi yang ada di Umku.

"Seleksi penerimaan mahasiswa baru di UMKU tahun akademik 2022/2023 ada dua jalur dalam penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Kudus, yaitu Jalur Reguler dan Jalur PMDP (Penelusuran Minat dan Prestasi), dari seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut tercatat  total mahasiswa yang mendaftar adalah 1578 orang," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved