Berita Karanganyar

Main ke Segoro Ijo Ngargoyoso Karanganyar, Jangan Lupa Cicipi Gethuk Porang

Resto Segoro Ijo yang berada di kawasan kebun teh Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar menyajikan kudapan, gethuk porang.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Resto Segoro Ijo yang berada di kawasan kebun teh Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar menyajikan kudapan, gethuk porang.

Di resto tersebut, pengunjung dapat mencicipi gethuk porang dengan secangkir teh hangat sambil menikmati pemandangan khas lereng pegunungan dan hamparan kebun teh.

Umbi porang ternyata bisa diolah menjadi berbagai makanan. Selain dapat diolah menjadi mie serta keripik, ternyata umbi porang juga dapat diolah menjadi kudapan tradisional yakni gethuk. Ada beberapa varian olahan gethuk porang yakni original, gula merah dan coklat.

Pemilik Resto Segoro Ijo, Ria Ayu Rahayu menyampaikan, saat ini banyak petani yang menanam porang di wilayah Kabupaten Karanganyar. Oleh karena itu pihaknya ingin mempromosikan produk buatan petani dengan menyajikan olahan berbahan umbi porang di Resto Segoro Ijo, salah satunya yakni gethuk.

"Kita merangkul UMKM dengan tujuan meningkatkan pendapatan UMKM daerah dan memperkuat perekonomian masyarakat," katanya kepada Tribunjateng.com, Sabtu (10/9/2022).

Menurutnya, umbi porang memiliki khasiat luar biasa karena memiliki kadar gula dan kalori yang rendah. Selain itu umbi porang juga dapat menjadi bahan pangan pengganti beras.

Harga gethuk porang di Resto Segoro Ijo cukup terjangkau yakni Rp 28 ribu per porsi varian original dan Rp 29 ribu per porsi varian rasa. Apabila pengunjung ingin menjadikan olahan porang tersebut sebagai buah tangan, lanjutnya pengunjung dapat membeli gethuk porang frozen di outlet Tondo Tresno yang berada di kawasan Resto Segoro Ijo. Harganya cukup terjangkau yakni Rp 24 ribu per pack isi 12 pcs gethuk porang frozen original dan Rp 25 ribu per pack isi 12 pcs gethuk porang frozen rasa gula merah dan coklat.

Pengunjung, Alfiatul Rohmaniah mengatakan, baru pertama kali mencicipi gethuk berbahan porang. Menurutnya gethuk porang berbeda dengan gethuk pada umumnya karena teksturnya lembut dan tidak berserat.

"Rasanya enak, lembut, luarnya cranchi. Manis," ucapnya. (Ais).

Baca juga: Bus Klub Atta Halilintar Ditaburi Bunga Kuburan oleh Orang Tak Dikenal di Stadion Joyokusumo Pati

Baca juga: Kecelakaan Maut di Turunan Kertek Wonosobo, 6 Korban Tewas, Inilah Daftar Nama Korbannya

Baca juga: Klub Bhayangkara C7K Polres Pati jadi Juara Turnamen Bola Voli AHY Cup Pati 2022

Baca juga: Hasil Liga 2 Hari Ini :Persekat Tegal Cetak Gol Tapi Belum Bisa Raih Poin Penuh, Ini Kata Erwan

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved